Terlalu Banyak Minum Kopi Bisa Bikin Tulang Keropos

Kopi Pelipur Lara
Sumber :
  • Kopi Pelipur Lara

VIVA – Kopi jadi salah satu minuman yang dikonsumsi untuk bisa menjalankan rutinitas dengan baik. Terlebih, efek kafein di dalamnya menyuguhkan energi sehingga bisa beraktivitas dengan semangat.

Terpopuler: Ustaz Alfie Alfandy Ungkap Kebaikan Minum Kopi, Balenciaga Jual Gelang Lakban Rp51 Juta

Tapi, dampak baik pada tubuh itu bisa menjadi bumerang jika kopi dikonsumsi secara berlebihan. Salah satunya, kopi bisa memicu osteoporosis. Sebab, efek kafein di dalamnya membuat penyerapan kalsium di tubuh tidak bisa berjalan dengan baik.

"Osteoporosis terjadi saat kepadatan tulang drop akibat kekurangan sumber kalsium. Kafein bisa memperlambat penyerapan kalsium dalam tulang," ujar Medical Advisor PT Bayer Indonesia, Dr. Suci Sutinah, dalam acara media Lock & Lock, di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta.

Ustaz Alfie Alfandy Ungkap Kebaikan Minum Kopi saat Ramadhan, Baiknya Diminum Buka atau Sahur?

Baca juga: Buka Gerai Es Kopi Kekinian, Raffi Ahmad: Bukan Kaleng-kaleng

Menurut studi, disarankan untuk membatasi hingga dua cangkir per hari untuk membuat sumber gizi lainnya terserap dengan baik di tubuh. Tak hanya di dalam kopi, kandungan kafein bisa terdapat di minuman lain seperti teh.

Gak Kalah Sehat, Susu Kacang Mede Diklaim Rendah Kalori Hingga Bebas Kolesterol

"Teh juga ada kafeinnya, teh bisa lebih tinggi kafeinnya. Selain itu, makanan tinggi sodium, asin banget, garam itu menghambat penyerapan kalsium," paparnya.

Untuk itu, membatasi asupan kafein dan garam sangat penting dalam mencegah osteoporosis. Hal tersebut bisa dilakukan berbarengan dengan menjalani gaya hidup sehat.

"Olahraga bisa membantu penyerapan kalsium. Minum suplemen sesuai kebutuhan, bukan setiap hari. Dan, jangan lupa air minimal dua liter dari air putih," paparnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya