Manfaat Ajaib Kapulaga, Cegah Kanker hingga Bau Mulut

Rempah-rempah Aceh.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dani Randi

VIVA –  Kapulaga adalah jenis rempah yang dihasilkan dari beberapa jenis tanaman. Kapulaga dihasilkan dari biji tanaman-tanaman dari genera (genus) Elettaria dan Amomum.

Usai Didiagnosis Kanker, Kate Middleton dan Keluarganya Memutuskan Pergi Berlibur

Tanaman penghasil kapulaga masuk ke dalam famili Zingiberaceae atau yang lebih dikenal dengan jahe-jahean. Sama seperti jenis jahe-jahean lainnya, kapulaga juga bisa dijadikan sebagai bumbu masakan.

Tapi di samping manfaatnya sebagai penyedap rasa, kapulaga juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah sebagai anti kanker, hal ini dibenarkan oleh dr Tulus Satriasih, SpFK.

Kate Middleton Jalani Kemoterapi Preventif, Benarkah Bisa Bunuh Sel Kanker 100 Persen?

“Fakta untuk mencegah kanker. Kapulaga memiliki efek anti kanker dan antioksidan bantu tangkal radikal bebas,” kata dr Tulus dalam program Ayo Hidup Sehat, Senin 5 November 2019.

Dia melanjutkan, kapulaga juga memiliki manfaat untuk mengatasi kurang enak badan. Sebab kapulaga yang masih satu jenis dengan jahe dapat memberikan sensasi rasa hangat bagi tubuh.

5 Cara Alami untuk Berhenti Merokok, Dukungan Sosial Jadi yang Terpenting

“Mau sakit badan itu lemas perut terasa tidak enak ini bisa meredakan dari rasa hangat. Kapulaga juga memiliki zat anti inflamasi,” lanjut dia.

Selain itu, kapulaga juga diketahui membantu untuk mengatasi bau mulut. Hal ini lantaran kata dr Tulus, kapulaga memiliki sifat sebagai anti bakteri.

“Bau mulut mungkin karena ada bakteri dalam mulut yang berasal dari karies, kapulaga juga memiliki khas rempah, ini wangi. Caranya digigit, kulit dibuka digigit ada yang kering,” kata dia.

Dia juga meluruskan beberapa asumsi yang beredar di masyarakat terkait kapulaga. Seperti salah satunya adalah terkait dengan dapat mengatasi flu, batuk, bronkitis hingga asma.

“Mitos belum ada penelitian untuk infeksi saluran pernapasan atas dan bawah. Tapi kapulaga memiliki sifat anti bakteri, jamur, virus untuk jaga stamina,” jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya