Cegah Diabetes hingga Kanker, Begini Cara Konsumsi Minyak Zaitun
Selasa, 3 Desember 2019 | 06:03 WIB

Cegah Diabetes hingga Kanker, Begini Cara Konsumsi Minyak Zaitun

Minyak zaitun punya segudang manfaat sehat.
Ilustrasi minyak zaitun.
Photo :
  • U-Report

Ilustrasi minyak zaitun.

VIVA – Minyak zaitun merupakan ekstrak buah zaitun yang diolah melalui proses pemanasan dengan suhu sangat rendah. Berbeda dengan minyak lainnya, minyak zaitun dianggap sebagai minyak sehat karena kandungan lemak jenuh yang rendah.

Minyak zaitun bisa dibilang sebagai minyak serbaguna. Manfaat minyak zaitun pun beragam, mulai dari menjaga kesehatan sampai memberikan nutrisi bagi kulit. 

Berikut ini beberapa manfaat dari minyak zaitun bagi kesehatan, seperti yang dijelaskan oleh dr. Tulus Satriasih Sp.FK dalam program Ayo Hidup Sehat di tvOne.

Konsumsi minyak zaitun bisa cegah risiko kanker?

Fakta, Tulus menjelaskan, bahwa minyak zaitun sudah digunakan sejak zaman Yunani Kuno. Minyak zaitun yang berasal dari Timur Tengah, melalui banyak penelitian di sana, diketahui dapat membunuh sel kanker.

"Itu baru sel kanker, butuh diteliti kemudian pada hewan dan manusia. Teliti lebih lanjut sudah tahu manfaatnya dari dulu digunakan secara turun temurun. Bisa cegah (kanker) karena punya zat yang membunuh sel kanker ada antioksidannya," kata dia.

Membantu mengontrol tekanan darah? 

Mitos. Menurut Tulus, belum banyak penelitian pada manusia sehingga tidak dapat dikatakan dapat mengontrol tekanan darah. 

"Tetapi, dapat membantu mencerna lemak. Tekanan darah hubungannya dengan sumbatan pada pembuluh darah yang menyebabkan tekanan darah," jelas dia.