Konsumsi Daun Kemangi Ampuh Basmi Bau Mulut

Daun kemangi
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Bau mulut kerap menjadi permasalahan yang sulit diabaikan karena membuat kepercayaan diri seseorang bisa menurun. Banyak cara dilakukan untuk mengatasi hal tersebut mulai dari sering menyikat gigi hingga menggunakan bahan penyegar mulut.

Hempas Bau Mulut dengan Obat Kumur, Begini Cara Pakainya Agar Wangi Seharian

Namun, tak sedikit juga yang meyakini bahwa tanaman herbal bisa mengobati bau mulut, sebut saja daun kemangi. Pangan yang selalu ada sebagai lalapan yang dicocol dengan sambal ini memiliki rasa yang khas di lidah dan meninggalkan aroma yang harum.

Tak heran, daun kemangi disebut-sebut ampuh untuk mengatasi keluhan bau mulut jika dikonsumsi dengan rutin. Ternyata hal tersebut dibenarkan oleh spesialis farmakologi klinis, dr. Lonah SpFK., yang mengatakan bahwa daun kemangi bisa atasi bau mulut yang diakibatkan minimnya kebersihan rongga mulut.

Bau Mulut Bikin Rasa Percaya Diri Berkurang? Lakukan 5 Cara Alami Ini

"Daun kemangi ada efek antibakteri yang berpotensi atasi bau mulut yang disebabkan kebersihan rongga mulut yang tidak adekuat. Tetapi ini belum bisa jadi terapi utama," kata Lonah dalam acara Ayo Hidup Sehat Plus di tvOne.

Lonah melanjutkan, selain karena kebersihan rongga mulut yang kurang baik, penyebab bau mulut lainnya tak bisa diatasi dengan daun kemangi seperti mulut kering atau penyakit GERD. Sehingga perlu diteliti terlebih dahulu penyebab dari bau mulut tersebut.

Nagita Slavina Panen Hujatan, Dinilai Berperilaku Buruk Gegara Bau Mulut Dustin Tiffani

Lonah juga menganjurkan agar mengonsumsi daun kemangi tidak berlebihan. Sebab, hal ini bisa memicu gangguan pada sistem pencernaan seperti diare.

"Jika dikonsumsi dalam jangka panjang, bisa memicu gangguan pencernaan. Disarankan juga untuk dicuci sampai bersih dulu agar terhindar dari masalah yang sama," ungkapnya.

Ilustrasi diabetes/cek gula darah.

5 Ciri-ciri Penyakit Diabetes yang Jarang Disadari, Dimulai dari Penglihatan yang Kabur

Diabetes mellitus, atau yang lebih dikenal sebagai diabetes, adalah penyakit metabolik yang ditandai oleh kadar glukosa darah yang tinggi dalam jangka waktu yang lama.

img_title
VIVA.co.id
29 Februari 2024