Ini Gejala Kanker Getah Bening, Penyakit yang Diderita Ria Irawan

Ria Irawan.
Sumber :
  • Instagram @riairawan

VIVA – Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air. Artis Ria Irawan meninggal dunia setelah berjuang dengan penyakit kanker yang dideritanya. Kabar ini dibenarkan oleh suami Ria, Mayky Wongkar.

Gemar Makan Ikan Asin Bisa Kena Kanker Getah Bening? Ini Kata Pakar

"Iya, benar (Ria Irawan meninggal dunia). (Saat ini jenazah) masih di RSCM. Mau dimandikan dulu," ujarnya saat dikonfirmasi VIVA, Senin pagi, 6 Januari 2020.

Diketahui artis senior itu telah berjuang dengan kanker kelenjar getah bening stadium 4. Lantas, apa saja gejala yang patut diwaspadai?

Alami Depresi dan Obesitas, Awas Jadi Pencetus Keganasan Sel Kanker Getah Bening

Dilansir dari laman Medical News Today, salah satu jenis kanker kelenjar getah bening adalah non-Hodgkin Lymphoma. Jenis ini menjadi yang paling banyak dan sering ditemukan pada kasus kanker kelenjar getah bening.

Gejala yang dialamitubuh akibat kanker jenis ini bergantung pada area di mana kelenjar getah beningnya di serang oleh sel kanker. Beberapa gejalanya antara lain adanya perbesaran kelenjar di beberapa bagian tubuh, namun dengan bentuk yang tak wajar, perut yang nampak membesar, selalu merasa sangat kenyang usai makan walau hanya sedikit, serta sesak napas.

Pakar: Anak Muda dan Lansia Rentan Diintai Kanker Getah Bening

Biasanya gejala itu juga ditambah dengan adanya infeksi yang sering, berat badan yang menurun tanpa sebab dan kelelahan yang sangat berat. Pada sebagian lainnya, turut disertai demam yang tinggi lalu hilang dan berkeringat di malam hari.

Gejala lainnya seperti kulit kering, memerah serta gatal dan iritasi menjadi tanda yang sering diabaikan. Gejala yang disebutkan sebelumnya juga kerap tak dikenali sebagai tanda bahaya. Maka, jika gejala itu timbul dan diiringì dengan usia yang sudah lanjut serta berat badan yang selalu menurun, Kamu wajib waspada dan segera periksa ke dokter.

Aldi Taher

Aldi Taher Merasa Lebih Dekat dengan Tuhan Setelah Divonis Kanker

Aldi Taher baru menyadari ada kanker di dalam tubuhnya setelah dua tahun kemudian. Awalnya, Aldi Taher merasakan ada benjolan tak biasa di bagian leher.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2023