Ternyata Madu Punya Khasiat Cegah Kanker

Ilustrasi Madu
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Madu berasal dari hewan lebah dan memiliki rasa yang manis serta tekstur cukup kental. Tak heran, madu banyak digunakan untuk beragam olahan makanan dan terasa pas di lidah.

Kate Middleton Jalani Kemoterapi Preventif, Benarkah Bisa Bunuh Sel Kanker 100 Persen?

Sebut saja olahan ayam bakar madu, pancake dengan siraman madu, serta teh dicampur madu. Selain rasanya yang enak, madu dipercaya memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh seperti pada jantung bahkan cegah kanker.

"Rutin konsumsi madu bisa cegah kanker dan baik untuk kesehatan jantung. Karena madu sumber pangan yang kaya nutrisi mulai dari karbohidrat, protein hingga vitamin dan mineral," ujar Spesialis Farmakologi Klinis, dr. Lonah SpFK dalam acara Ayo Hidup Sehat di tvOne, Kamis 9 Januari 2020.

5 Cara Alami untuk Berhenti Merokok, Dukungan Sosial Jadi yang Terpenting

Namun, jika berlebihan mengonsumsi madu, malah berbahaya untuk tubuh. Seperti berisiko menimbulkan plak yang memicu penyakit jantung. Untuk pengidap diabetes, sebaiknya juga mengonsumsi dalam jumlah terbatas.

"Penderita diabetes masih boleh tapi jumlahnya sedikit dan dipantau kadar gula darahnya. Normal konsumsi 1 sendok makan per hari sama dengan 17gram gula atau 64 kalori. Pasien diabetes konsumsi lebih dikit dari itu," ungkapnya.

Sebelum Pengumuman Kanker, Kate Middleton Sempat Bertemu dengan Raja Charles

Sebab, indeks glikemik madu memang lebih rendah dari gula pasir tapi bersifat menaikan kadar gula darah dengan cepat. Maka dari itu, konsumsi madu memang baik untuk kesehatan selama tidak berlebihan.

"Memang setiap 100gram madu mengandung sekitar 80gram gula jenis fruktosa yaitu gula alami. Karena tinggi gula, cukup harus hati-hati konsumsinya karena bisa tingkatkan kadar gula darah dengan cepat. Untuk dewasa 1 sdm per hari dan anak 1 sdt per hari," terangnya.

William, Kate Middleton dan ketiga anaknya

Usai Didiagnosis Kanker, Kate Middleton dan Keluarganya Memutuskan Pergi Berlibur

Pangeran William dan Kate Middleton dikabarkan memutuskan untuk beristirahat sejenak dari hiruk pikuk dan pergi berlibur. Pangeran dan Putri Wales serta ketiga anaknya.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024