Menkes Terawan Ngaku Tak Punya Solusi Soal Kenaikan Iuran BPJS

DR. dr Terawan Agus Putranto dikeluarkan dari keanggotaan Ikatan Dokter Indonesia (IDI)
Sumber :
  • VIVA/Anhar Rizki Affandi

VIVA – Setelah kesepakatan untuk mensubsididi peserta BPJS Kesehatan bagi Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP) pada Kelas 3 dinilai sejumlah pihak tidak mungkin dilakukan, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengakui tidak memiliki solusi atas kenaikan iuran tersebut. 

5 Cara Detoks Pikiran untuk Mencegah Stres Makin Parah, Salah Satunya Meditasi

Ia mengaku membutuhkan data lengkap dan komitmen dari BPJS Kesehatan untuk tidak menaikkan iuran. Hal itu diungkapkan oleh Terawan saat rapat Dengar Pendapat antara DPR RI, Kementerian Kesehatan, dan BPJS Kesehatan yang digelar Senin, 20 Januari 2020. 

"Saya sedih sekali, sama dengan Komisi IX. Karena itu, izinkan saya untuk tidak memberikan jalan keluar mengenai itu," kata Terawan di Komisi IX, seperti dilansir VIVAnews. 

Belimbing Wuluh Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Tubuh, Ini Daftarnya

Seperti diketahui Terawan memang sempat memberikan solusi terhadap isu kenaikan iuran BPJS kesehatan. Salah satunya mensubsididi peserta BPJS Kesehatan bagi Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP) pada Kelas 3  Namun, pada kenyataannya, iuran tetap naik pada 1 Januari lalu.

"Ya saya bingung sendiri, kalau itu ternyata di lempar ke kanan kiri, karena itu kesepakatan kita semua. Saya lebih baik, jantan mengakui bahwa ya saya enggak bisa memberikan solusi kalau memang permasalahan tidak bisa dilaksanakan dan transparansi tak bisa dikerjakan," ujarnya

5 Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Antioksidan Kuat

Menurut Terawan, dalam menentukan kenaikan iuran, ranah tersebut ada di BPJS Kesehatan. Dia berharap, dalam waktu dekat pihaknya dapat memberikan solusi untuk iuran BPJS ini.

"Mudah-mudahan, akan ada perubahan itikat yang akan membuat saya akan mendapatkan bahan yang lebih lengkap. Mungkin, ada hal yang siapa tahu masih ada peluang untuk bisa dilaksanakan, karena kewenangannya memang ada di BPJS," ujarnya.

Ilustrasi kaki/kesemutan/varises/ asam urat

Gejala Asam Urat yang Wajib Diwaspadai oleh Banyak Orang, Bisa Sebabkan Masalah Serius

Asam urat adalah kondisi medis yang terjadi ketika tubuh menghasilkan terlalu banyak asam urat atau tidak dapat mengeluarkannya dengan baik sehingga berdampak buruk.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024