Jamu Disebut Bisa Cegah Kanker, Benarkah?

Air Rebusan Kunyit
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Khasiat tanaman bajakah untuk penderita kanker sempat ramai diperbincangkan beberapa waktu lalu. Belakangan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto sempat menyebut bahwa bajakah sendiri memang memiliki potensi, meski perlu diteliti lebih lanjut. 

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

Indonesia sendiri sebenarnya juga terkenal dengan ratusan tanaman herbal yang berkhasiat untuk kesehatan salah satunya untuk mencegah kanker. Direktur Pelayanan Kesehatan Tradisional Kementerian Kesehatan RI Dr dr Ina Rosalina, SpA(K), M Kes, MHKes, bahwa dalam Formularium Obat Herbal Asli Indonesia, memang ada sejumlah tanaman asli Indonesia yang memiliki kandungan antioksidan. 

"Jamu itu lebih ke arah pronotif preventif. Karena jamu membuat daya tahan tubuh kuat. Sehingga tidak mudah sakit. Jamu tidak menyebabkan kanker justru membantu membuat staminanya bagus saat sakit kanker," ungkap Ina saat ditemui di Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan, Kamis, 30 Januari 2020. 

Profil Mooryati Soedibyo, Pendiri Mustika Ratu yang Meninggal Dunia

Meski demikian, Ina menekankan bahwa jamu yang dikonsumsi haruslah yang telah terbukti aman, dan terbukti secara empiris. Selain itu, lanjut Ina, jamu sendiri tidak boleh dipromosikan untuk menyembuhkan penyakit. 

"Jamu itu berkhasiat ketika orang itu dalam kondisi sehat. dan ada peraturannya untuk tidak menjual jamu untuk mengobati penyakit," kata Ina. 

Melahirkan Berulang Kali Dapat Menjadi Risiko Kanker Serviks, Benarkah?

Senada dengan Ina, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit-Kementerian Kesehatan Anung Sugihantono juga mengatakan bahwa jamu memang baik untuk pencegahan penyakit, termasuk kanker. Namun, Anung menggaris bawahi, bahwa selain mengonsumsi jamu juga tetap harus menjalankan gaya hidup sehat. 

"Ini jamu sebagai pencegahan dan juga gaya hidup yang kesehatan harus jadi satu kesatuan. Ini karena kalau sudut pandangnya enggak pas tidak akan mengena (pesannya)," ungkap Anung. 

Sakit perut

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

Penyakit radang usus adalah istilah yang mengacu pada penyakit Crohn dan kolitis ulserativa, dua kondisi peradangan yang menyerang 1,6 juta orang Amerika.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024