20 Detik Cuci Tangan Pakai Air Hangat dan Sabun Bisa Cegah Corona
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Selasa, 18 Februari 2020 | 11:00 WIB

20 Detik Cuci Tangan Pakai Air Hangat dan Sabun Bisa Cegah Corona

Perlindungan diri paling sederhana yang bisa dilakukan.
Ilustrasi mencuci tangan.
Photo :
  • Freepik/shayne_ch13

Ilustrasi mencuci tangan.

VIVA – Kasus virus Corona (COVID-19) terus bertambah. Hingga saat ini secara total tercatat ada 73.348 kasus virus corona. Dari data itu diketahui 1.868 korban tewas akibat virus ini. Namun demikian ada sekitar 10.615 pasien yang dinyatakan pulih dari virus corona. 

Untuk menghindari penyebaran virus lebih lanjut dan untuk memastikan seseorang tetap sehat adalah mencuci tangan. Mencuci tangan menjadi salah satu tindakan pencegahan virus corona yang perlu dilakukan dan yang paling mudah dilakukan. 

Seperti yang dilaporkan oleh Huffington Post, virus corona dapat menyebar ketika tetesan cairan tubuh yang terinfeksi, seperti air liur atau lendir, tersebar melalui udara atau ke permukaan. Seperti halnya virus, satu cara pasti untuk membunuh kuman adalah dengan mencuci tangan, dan memastikan Anda mencucinya cukup lama.

Dilansir dari laman Asiaone, menurut National Health Service Inggris, seseorang harus mencuci tangan dengan air hangat dan sabun selama sekitar 20 detik, dengan penggunaan sabun kira-kira 3 kali tekanan pada botol cuci tangan.

Yang perlu diperhatikan saat mencuci tangan, tangan harus digosok dengan cepat. Selain itu pastikan memastikan punggung tangan dan jari-jari bagian dalam juga terusap sabun dengan rata.

Jika sabun dan air tidak tersedia, seseorang dapat memilih pembersih tangan dengan kadar alkohol sebesar 70 persen untuk menghilangkan kuman. Dalam hal perlindungan diri lainnya, seseorang juga disarankan untuk menutupi wajah Anda dengan tisu atau siku saat bersin atau batuk. Selain itu, disarankan untuk menghindari kontak langsung dengan hewan hidup di daerah yang terkena karena hewan dapat membawa virus.

loading...
Muat Lainnya...