Sabun Vs Hand Sanitizer, Mana yang Lebih Tokcer Tangkal Virus Corona?

Cuci tangan pakai sabun.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Angka kasus virus corona kembali bertambah. Hingga Kamis pagi ini, tercatat ada 95.124 orang yang terjangkit COVID-19 di dunia. Hingga saat ini, angka kematian akibat virus corona sudah mencapai 3.254 orang.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Meningkatnya jumlah orang yang terjangkit COVID-19 membuat masyarakat semakin waspada. Bukan hanya menggunakan masker bagi mereka yang tengah sakit, mencuci tangan dengan sabun juga menjadi salah satu bentuk pencegahan penularan virus corona antar manusia.

Namun, untuk mendapatkan air bersih tidak selalu mudah. Jadi cairan tangan antiseptik sering digunakan sebagai alternatif untuk membersihkan tangan. Tapi, banyak masyarakat yang bertanya-tanya, baik mana mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer untuk membunuh virus dan bakteri?

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

Temukan jawabannya siang ini dalam program Hidup Sehat bersama dokter spesialis penyakit dalam, dr. Dante S. Harbuwono, SpPD(K) Ph.D, KEMD.

Baca juga: Cegah Corona, Seberapa Sering Cuci Tangan dan Pakai Hand Sanitizer?

Pakar Imbau, Waspadai Pandemi Disease X, Mematikan Dibanding COVID-19

Dalam program yang dipandu oleh dr. Vito Damay, Sp.JP (K), M.Kes, FIHA, FICA, FAsCC dan drg. Tengku Anisa MARS juga akan membahas seputar tanaman rimpang yang disebut-sebut bisa menangkal virus corona.

Tanaman rimpang atau yang dikenal sebagai empon-empon (Jawa) atau rempah-rempah yang terdiri dari jahe, kencur, kunyit, dan temulawak bukan hanya digunakan untuk bumbu dapur saja, tapi juga dapat digunakan sebagai ramuan tanaman obat tradisional atau jamu.

Belakangan empon-empon banyak dicari lantaran dianggap menjadi salah satu alternatif menjaga tubuh dari serangan virus corona. Benarkah tanaman rimpang tersebut jika dikonsumsi, dapat membantu tubuh mencegah COVID-19?  Adakah efek sampingnya jika dikonsumsi melebihi takaran yang normal? temukan jawabannya bersama dr Lonah, Sp.FK siang ini pukul 13.00 di TvOne. Saksikan tayangan Ayo Hidup Sehat secara live di tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya