6 Khasiat Cengkeh, Lawan Penyakit hingga Virus

Ilustrasi petani cengkeh
Sumber :
  • Antara/ Basrul Haq

VIVA – Cengkeh merupakan salah satu tanaman yang kerap dipakai sebagai penyedap rasa dan aromatik di beragam sajian di Tanah Air. Siapa sangka, cengkeh juga memiliki khasiat yang mampu melawan virus penyebab penyakit.

Mengandung Banyak Vitamin dan Mineral, 3 Herbal Ini Bisa Bantu Lancarkan ASI

Cengkeh terbuat dari bunga kering yang berasal dari tanaman aromatik yang disebut Eugenia. Tanaman ini asli dari Indoneisa, namun juga tumbuh di negara lain seperti India, Sri Langka, dan Brazil.

Dikutip dari laman Solstice Medicine Company, sejak 1500 tahun silam, cengkeh dan minyak ekstrak cengkeh telah digunakan sebagai obat herbal. Meski saat ini lebih banyak digunakan untuk rempah di makanan, namun reputasinya untuk melawan penyakit dari virus dan bakteri dipercaya cukup efektif. Apa saja ya khasiat alami cengkeh? Berikut 6 fakta menariknya.

Mengenal PT TSI, Perusahaan Rokok Herbal yang Bikin Ustaz Solmed Kaya Raya

Tingkatkan imunitas dan Lawan Virus

Kandungan dari cengkeh terdiri dari mineral, vitamin, serta serat. Tapi, kandungan utamanya yang mampu meningkatkan sistem imunitas dinamakan eugenol, di mana kandungan itu juga yang memberi aroma khas. Eugenol terbukti efektif melawan virus dan bakteri berbahaya yang menginfeksi tubuh.

4 Resep Ramuan Herbal, Ampuh Atasi Insomnia

Cegah Keracunan

Faktanya, beberapa peneliti Portugis telah mempelajari seberapa baik eugenol bekerja melawan giardia (salah satu jenis kuman), dan hasilnya mampu menghambat pertumbuhan bakteri, dan dapat menjadi terapi alami yang efektif untuk kondisi itu. Di Jepang, beberapa peneliti percaya bahwa cengkeh dapat dicampur dengan makanan laut untuk mencegah beberapa jenis keracunan makanan, yang dapat terjadi dari sumber makanan laut segar.

Redakan nyeri otot

Bukti lain juga menemukan bahwa minyak cengkeh, bila dikombinasikan dengan daun mint, efektif dalam mengurangi nyeri otot dan persendian. Wah, hebat banget, ya...

Tangkal radikal bebas

Banyak penyakit yang menimpa tubuh kita disebabkan oleh kerusakan oksidatif dan radikal bebas. Antioksidan melawan kerusakan oksidatif dan tanaman biasanya adalah beberapa sumber terbaik zat ini. Cengkeh, serta sage dan oregano, memiliki banyak antioksidan di dalamnya yang meningkatkan kesehatan dan mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh.

Cegah kembung

Minyak cengkeh juga berfungsi baik untuk melawan kembung dan gas. Banyak yang menemukan bahwa minyak cengkeh dapat mengurangi tekanan gas di lambung dan usus, dan juga membantu dengan pembuangan limbah makanan dari tubuh.

Cegah kanker

Perlu dicatat bahwa terdapat insiden penyakit jantung dan kanker yang lebih rendah di Asia dibanding di Barat. Beberapa peneliti percaya ini sebagian disebabkan oleh gaya kuliner di Asia yang mencakup banyak penggunaan rempah-rempah yang mengandung antioksidan, seperti cengkeh, jahe, kunyit dan kayu manis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya