Kaya Vitamin, 6 Buah dan Sayuran Ini Mampu Tingkatkan Imun Tubuh

Buah-buahan dan sayur-sayuran.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Selama pandemi virus corona atau COVID-19, kita diharuskan menjaga imun tubuh supaya tidak mudah tertular. Beberapa cara yang bisa dilakukan di antaranya, mengonsumsi makanan sehat, berolahrga, minum banyak air, istirahat yang cukup dan jika perlu mengonsumsi vitamin. 

Habis Lebaran Kolesterol Meningkat? Pangkas dengan 6 Sayuran Ini

Sebenarnya, vitamin tidak perlu dikonsumsi setiap hari, jika konsumsi makanan kita sudah memenuhi gizi seimbang, yang banyak terdapat pada sayuran dan buah-buahan. Jika dikonsumsi setiap hari, buah dan sayur mengandung banyak vitamin yang mampu menjaga imunitas tubuh. 

Lalu, sayuran dan buah-buahan apa saja yang mampu menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh? Dilansir Healthline, berikut enam buah dan sayuran penguat sistem kekebalan tubuh. 

5 Buah Manis yang Berbahaya Bagi Penderita Diabetes, Apa Saja?

Buah jeruk
Kebanyakan orang akan mengonsumsi vitamin C ketika daya tahan tubuhnya mulai melemah. Hal itu karena vitamin C mampu membangun sistem kekebalan tubuh. Vitamin C juga dapat meningkatkan produksi sel darah putih, untuk membantu memerangi infeksi. Dan hampir semua jenis buah jeruk mengandung vitamin C. 

Paprika merah
Paprika merah mengandung vitamin C dua kali lebih banyak dibanding jeruk. Paprika ini juga kaya akan beta karoten. Selain meningkatkan imunitas tubuh, vitamin C yang terkandung juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Sedangkan beta karoten, mampu menjaga kesehatan mata serta kulit kamu. 

Rekomendasi Makanan yang Bisa Menjaga Kulit Lebih Sehat dan Bersih, Apa Saja?

Brokoli
Brokoli kaya akan vitamin dan mineral. Dikemas dengan vitamin A, C, dan E, serta banyak antioksidan dan serat lainnya, brokoli adalah salah satu sayuran yang wajib ada di piring kamu. Untuk tetap mempertahankan kandungannya, cukup dimasak sebentar, atau lebih baik, dikonsumsi dalam keadaan mentah. 

Bayam
Bayam kaya akan antioksidan dan beta karoten, yang mampu meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan infeksi dan sistem kekebalan tubuh kita. Mirip brokoli, bayam cukup dimasak sebentar untuk mempertahankan nutrisinya. Namun, memasak dalam durasi cepat mampu meningkatkan vitamin A tapi memungkinkan nutrisi lain hilang karena kandungan asam oksalat yang terkandung dalam sayuran ini.

Pepaya
Pepaya juga mengandung vitamin C. Kamu bisa mendapatkan 224 persen dari jumlah vitamin C harian yang disarankan dalam satu buah pepaya. Buah ini juga mengandung enzim pencernaan, papain, yang memiliki efek anti inflamasi. Selain itu, buah manis ini juga mengandung kalium, vitamin B, dan folat yang cukup, yang bermanfaat untuk menjaga kesehatanmu secara keseluruhan. 

Kiwi
Buah kiwi penuh dengan nutrisi penting, termasuk folat, kalium, vitamin K dan vitamin C. Vitamin C mampu meningkatkan sel darah putih untuk melawan infeksi, sementara nutrisi lainnya dapat menjaga seluruh tubuh kamu agar dapat berfungsi dengan baik. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya