Pandemi COVID-19, Bolehkah Pasien Jantung Kontrol ke RS?
Rabu, 20 Mei 2020 | 07:06 WIB

Pandemi COVID-19, Bolehkah Pasien Jantung Kontrol ke RS?

Kondisi tertentu, pasien jantung sebaiknya ke rumah sakit.
Simulasi Tindakan Kateterisasi Jantung
Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Simulasi Tindakan Kateterisasi Jantung

VIVA – Selama pandemi COVID-19, masyarakat memang disarankan meminimalisasi kunjungan ke tempat umum, termasuk rumah sakit jika kondisi tidak mendesak. Namun di samping mengkhawatirkan risiko penularan COVID-19, masyarakat juga hendaknya memedulikan kondisi kesehatan lainnya terutama bagi penderita penyakit jantung yang perlu kontrol rutin.

"Kita tak boleh abai dalam memantau kesehatan jantung sendiri, karena penyakit yang menyerang jantung termasuk penyakit serius yang kronik. Jadi, jangan takut berobat ataupun menjalani prosedur medis jika memang dibutuhkan sebelum terlambat," ujar dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Siloam Hospitals Kebon Jeruk, dr. Leonardo Paskah Suciadi, Sp.JP, dikutip dari siaran pers, Rabu, 20 Mei 2020.

Bagi mereka yang merasakan gejala yang diduga karena masalah jantung, disarankan juga segera memeriksa kondisi sebelum bertambah buruk. Pertama, keluhan sesak dengan kondisi makin memberat saat tidur atau tidak bisa tidur posisi rata atau disertai batuk berdahak pink.