Logo BBC

Serangan Virus Corona Tidak Hanya ke Pernapasan Tapi Organ Tubuh

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

gambar ilustrasi perawatan pasien Covid-19.
BBC

Ketika bicara dengan dokter di unit perawatan intensif (ICU) di Inggris dan negara-negara lain di dunia, mengenai COVID-19, ungkapan yang akan mereka gunakan berulang-ulang adalah: “Kami belum pernah melihat hal seperti ini sebelumnya”.

Mereka tahu penyakit baru sedang muncul: infeksi pernapasan tak dikenal yang pertamakali muncul di China akhir tahun lalu. Namun kasusnya berkembang mengejutkan, bahkan bagi spesialis paling berpengalaman di ICU.

Banyak yang terinfeksi virus corona hanya memiliki gejala ringan, dan beberapa tanpa gejala. Namun pada pasien yang parah, COVID-19 merupakan penyakit yang luar biasa rumitnya.

Berikut ini adalah rangkuman dari apa yang dipelajari oleh para dokter dalam beberapa bulan ini terkait cara COVID-19 menyerang tubuh manusia, serta hal-hal yang masih misteri.

Pneumonia yang disebabkan virus

virus corona
Getty Images
Virus corona adalah virus-virus yang bermutasi namun baru enam yang menginfeksi orang.

Banyak dokter memperkirakan akan menemukan serangan virus pernapasan yang menyebabkan pneumonia, mirip seperti virus flu, dengan skala lebih besar.

Nyatanya dampak virus ini tak terbatas pada pernapasan manusia saja, kata Anthony Gordon, dokter ICU di St Mary`s Hospital di London.

Pneumonia merupakan penyakit yang buruk: infeksi paru-paru yang menyebabkan inflamasi ketika tubuh melawannya. Namun dalam keadaan terburuk, COVID-19 membawa akibat yang berbeda sama sekali.

“Ini merupakan penyakit yang berbeda sama sekali dari apa yang pernah kami lihat sebelumnya, juga berbeda dari pasien ke pasien,” kata Ron Daniels, dokter ICU di Birmingham, Inggris.

Dalam kasus paling serius, COVID-19 menyebabkan inflamasi dan penggumpalan darah, serangan terhadap beragam organ dan membawa risiko kematian.