Penderita Diabetes dan Hipertensi Wajib Hati-hati Konsumsi Saus Tomat

Ilustrasi saus tomat
Sumber :
  • Pixabay/Alexas_Fotos

VIVA – Saus tomat memiliki rasa yang asam dan segar, sehingga banyak yang tidak tahu kalau jenis saus yang satu ini mengandung garam dan gula yang tergolong tinggi. Untuk itu, penderita diabetes harus berhati-hati saat mengonsumsi saus tomat. 

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Hal ini dikarenakan, saus tomat dapat membuat kadar gula darah di dalam tubuh meningkat sehingga dapat menurunkan kekebalan tubuh. Benarkah demikian?

Melalui tayangan Hidup Sehat di tvOne, Jumat 29 Mei 2020, Spesialis Gizi Klinik, dr. Louise Kartika Indah, SpGK, membenarkan anggapan tersebut. Menurut dia, penderita diabetes memang tidak boleh mengonsumsi saus tomat secara berlebihan.

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

"Saus tomat memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Dalam satu sendok saus tomat, terdapat 4 gram kandungan gula. Sementara rekomendasi asupan gula per hari adalah 25 – 50 gram per hari. Jadi, sebaiknya konsumsi saus tomat tidak boleh berlebihan," ujarnya. 

Tidak jauh berbeda, hal ini juga berlaku bagi penderita hipertensi. Karena kandungan natrium atau garam dalam saus tomat cukup tinggi, penderita hipertensi bahkan tidak dianjurkan mengonsumsi saus tomat kemasan. 

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

"Dalam 8 sendok makan saus tomat, terdapat satu sendok teh garam. Satu sendok teh garam itu sesuai dengan rekomendasi harian atau batas aman konsumsi garam kita dalam sehari. Jadi, bagi penderita hipertensi sebaiknya tidak mengonsumsi saus tomat kemasan," lanjut dia. 

Dokter Louise menyarankan, jika ingin mengonsumsi saus tomat sebaiknya buatan sendiri, karena saus tomat kemasan kandungannya berbeda dengan saus tomat yang dibuat secara home made atau kita buat sendiri.  

"Saus tomat kemasan tidak terbuat dari buah tomat melainkan bahan-bahan lain yang kemudian ditambahkan zat aditif, zat kimia dan juga penguat rasa. Sementara saus tomat buatan sendiri yang terbuat dari buah tomat asli, mengandung nutrisi, vitamin, antioksidan dan juga likopen yang sangat baik untuk kesehatan tubuh," tutur Louise. 

Bagi penderita hipertensi, Louise kembali mengingatkan untuk tidak mengonsumsi saus tomat atau membatasi konsumsinya. Yaitu, cukup 1 – 2 sendok per hari. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya