Ganja yang Dipakai Bintang Film Dwi Sasono Bisa Bikin Bengek

Ganja yang Dipakai Bintang Film Dwi Sasono Bisa Bikin Bengek

Selasa, 2 Juni 2020 | 13:37 WIB
Juga bisa picu gangguan mental dan kanker paru.
Dwi Sasono.
Photo :
  • Instagram @dwisasono

Dwi Sasono.

VIVA – Pemain film layar lebar, Dwi Sasono ditangkap atas kepemilikan ganja di kediamannya, di kawasan Pondok Labu, Jakarta Selatan. Setelah diamankan pihak Polres Metro Jakarta Selatan, hasil tes urine menyatakan kalau Dwi positif mengkonsumsi ganja.

Menurut pengakuannya, Dwi menggunakan narkoba sejak satu bulan terakhir. Pria kelahiran Surabaya, Jawa Timur mengkonsumsi ganja karena mengaku susah tidur dan mengisi kekosongan waktu akibat pandemi virus corona atau COVID-19 yang menyebabkan dia di rumah saja.

Dikutip dari laman Healthline, Selasa 2 Juni 2020, saat tubuh mengkonsumsi ganja melalui saluran pernapasan, kadar kimia di dalamnya langsung membanjiri peredaran darah dan menuju ke organ-organ vital. Meski beberapa negara melegalkan ganja dan memakainya untuk pengobatan, tapi hal itu tak menutup efek samping dari pemakaian ganja mulai dari sistem pernapasan hingga jantung. Berikut beberapa efek samping dari menghisap ganja.

Asma alias bengek.

Sama seperti asap tembakau, asap ganja terdiri dari berbagai bahan kimia beracun, termasuk amonia dan hidrogen sianida, yang dapat mengiritasi saluran bronkial dan paru-paru Anda. Jika Anda cukup rutin menghisap ganja, Anda akan lebih sering mengalami batuk dan menghasilkan dahak. Anda juga berisiko tinggi mengalami infeksi bronkitis dan paru-paru. Ganja dapat memperburuk penyakit pernapasan yang ada, seperti asma dan cystic fibrosis.

Kanker paru