Disarankan Ahli, Suplemen Astaxanthin Mengandung 6.000 Lebih Vitamin C

Ilustrasi vitamin, obat, suplemen
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Di masa pandemi seperti sekarang ini, mengonsumsi suplemen menjadi sangat penting. Tujuannya untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah tertular virus corona atau COVID-19. 

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Dokter Spesialis Alergi-imunologi, Prof. Dr. dr. Iris Rengganis, SpPD, KAI pun menyarankan konsumsi suplemen. Namun, lebih spesifik, dia menyarankan untuk memilih suplemen yang mengandung astaxanthin, yang memiliki antioksidan tinggi. Tahukah kamu apa itu astaxanthin? 

"Astaxanthin merupakan salah satu karotenoid, yaitu pigmen alami yang menyebabkan tanaman atau hewan memiliki warna merah. Pigmen ini terdapat pada beberapa jenis alga dan hewan air, seperti salmon, udang dan lobster," ujarnya saat webinar melalui video conference Zoom bersama ASTHIN, Rabu, 3 Juni 2020. 

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

Namun, Iris menjelaskan, salmon harganya cukup mahal, sedangkan udang dan lobster kolesterolnya tinggi. Untuk itu, manfaat astaxanthin bisa kamu dapatkan dalam bentuk suplemen. Selain mengandung antioksidan tinggi untuk menetralisir racun di dalam tubuh, astaxanthin juga mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi lho. 

"Perlindungannya astaxanthin 6.000 kali dari vitamin C. Astaxanthin dapat mengikat radikal bebas lebih banyak, karena mendapat ikatan rangkap sehingga lebih banyak mengikat radikal bebas. Bahkan vitamin C saja kalah, karena astaxanthin mengandung 6000 lebih vitamin C," lanjut dia. 

Mengapa Anak Perlu Suplemen Nutrisi? Ini Alasannya

Keunikan lain dari astaxanthin yaitu telah terbukti mampu melindungi sel dari kerusakan oksidatif serta mampu meningkatkan produksi sel T dan sel B, sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

"Astaxanthin memiliki posisi superior di membran sel, sehingga memberi perlindungan terbaik terhadap stres oksidatif pada membran sel. Dia memberikan perlindungan dari dalam dan luar, jadi bener-bener kaya dipager," kata dia.

Menurut Iris, astaxanthin juga berpotensi baik untuk digunakan sebagai antioksidan yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh selama pandemi virus corona.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya