Miris, Puntung Rokok Jadi Sampah Paling Banyak di Bumi

Miris, Puntung Rokok Jadi Sampah Paling Banyak di Bumi

Selasa, 9 Juni 2020 | 07:00 WIB
Oleh :
4,5 triliun puntung rokok, dibuang sembarangan setiap tahun.
Ilustrasi/Puntung rokok
Photo :
  • Shanghaiist

Ilustrasi/Puntung rokok

VIVA – Puntung rokok adalah sampah yang paling banyak mengotori planet Bumi. Dari hasil riset yang dilakukan Danielle Green, Dosen Ekologi dari Anglia Ruskin University, Cambridge, Inggris, terungkap bahwa setidaknya dua pertiga dari total 5,6 triliun rokok yang dikonsumsi, yaitu 4,5 triliun puntung rokok, dibuang sembarangan setiap tahun. 

Menurut Green, puntung rokok sejak tahun 1980-an menyumbang 30 - 40 persen dari semua sampah yang ditemukan di tempat pembuangan sampah perkotaan.

Sampah puntung rokok tergolong limbah berbahaya dan beracun, karena mengandung ribuan zat kimia berbahaya yang dapat mencemari dan membahayakan lingkungan. Selain itu, limbah ini juga dapat membunuh tanaman, serangga, tikus, jamur, dan makhluk hidup lainnya.

Sejumlah penelitian menyebutkan, puntung rokok membutuhkan waktu yang lama untuk terurai dan apabila dibuang sembarangan akan merusak lingkungan hidup. Filter pada puntung rokok adalah sejenis kapas plastik bernama Selulosa Asetat, yang memerlukan waktu agar bisa terurai oleh lingkungan. 

Selulosa Asetat adalah modifikasi dari senyawa kimia bernama Selulosa. Butuh waktu sekitar 1 sampai 5 tahun bagi puntung rokok yang terbuat dari selulosa asetat untuk bisa terurai, bahkan bisa mencapai 10 tahun jika sudah terkena air laut.