Haruskah Minum Air Sebelum Tidur Dimalam Hari? Ini Penjelasannya

air minum
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Meskipun kami selalu memberitahu untuk makan pada waktu yang tepat, tidak ada instruksi yang jelas mengenai air minum. Setiap kali merasa haus, secara otomatis kita menuangkan segelas air untuk diri kita sendiri. 

Manfaat Luar Biasa Konsumsi Air Putih yang Sering Diabaikan

Tetapi bagaimana jika apa yang Anda lakukan itu adalah tidak benar. Ya, memang ada waktu tertentu dalam sehari saat Anda harus menghindari air minum dan itu tepat sebelum tidur. 

Dilansir dari Times of India, ini adalah satu-satunya waktu dalam sehari saat harus melewatkannya jika Anda bisa dan alasannya cukup logis.

Ngeri! Gegara Ogah Minum Air Putih dan Doyan Boba, Wanita Ini Jalani Operasi Angkat 300 Batu Ginjal

Setiap organisme hidup di Bumi membutuhkan air untuk bertahan hidup. Tanpa air, tidak akan ada jejak kehidupan. Sekitar 60 persen tubuh manusia terbuat dari air.

Air hadir di setiap sel, jaringan, dan organ. Ini membantu menjaga suhu tubuh, melumasi sendi, membantu sel-sel tubuh untuk tumbuh dan mengeluarkan racun.

Ungkap Rahasia Awet Muda, Agnez Mo: Minum Air Putih dan Jangan Julid

Jika Anda tidak minum cukup air sepanjang hari, maka Anda mungkin merasa lemas, mengalami sakit kepala dan masalah kesehatan lainnya.

Lalu mengapa minum air sebelum tidur bukanlah ide yang baik?

Minum air putih sebelum tidur dapat mengganggu siklus tidur Anda. Hal ini dapat meningkatkan keinginan Anda ke kamar mandi di malam hari untuk buang air kecil.

Secara umum, produksi urin kita berkurang pada malam hari, yang memungkinkan kita untuk tidur nyenyak selama lima hingga tujuh jam. Jika Anda akan minum satu atau dua gelas air sebelum tidur, Anda mungkin ingin buang air kecil beberapa kali di malam hari.

Tidur yang terganggu dapat menyebabkan perubahan suasana hati, iritasi, tekanan darah tinggi, kurang konsentrasi dan makan emosional pada hari berikutnya. Sesuai penelitian, orang dewasa di atas 45 tahun yang tidur kurang dari enam jam pada malam hari lebih rentan terkena stroke.

Manfaat minum air di malam hari

Minum satu atau dua gelas air di malam hari setelah makan malam cukup baik untuk kesehatan dalam berbagai cara. Tidak ada yang lebih baik daripada segelas air hangat setelah makan berat atau makanan tidak sehat.

Air bertindak sebagai pembersih alami dan membantu menghilangkan racun dari tubuh. Ini mempercepat proses pencernaan dan mencegah sembelit.

Lalu kapan waktu yang tepat untuk minum air putih

Minum cukup air selalu baik untuk kesehatan, tetapi cobalah untuk tidak berlebihan karena memiliki dampak juga. Cobalah minum setidaknya 2 liter air setiap hari. Sejauh menyangkut waktu, hindari minum segelas air sebelum tidur. Anda dapat memilikinya 30 menit sebelum tidur, hal ini bertujuan agar Anda mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya