Ingin Tahu Berat Badan Idealmu? Ukur Lingkar Perut dengan Cara Ini

ilustrasi perut rata, perut buncit, diet
Sumber :
  • Pixabay/ Public Domain Pictures

VIVA – Kebanyakan orang menganggap sama antara kelebihan berat badan dengan obesitas. Padahal, keduanya berbeda. Kelebihan berat badan belum tentu obesitas, tapi obesitas sudah pasti berat badannya berlebih. 

Waspada, Ini 4 Bahaya Langsung Tidur Setelah Sahur, Bisa Sebabkan Diabetes

Dokter Susanti pun mengungkapkan hal yang sama. Menurutnya, obesitas memiliki arti kelebihan berat badan yang sudah tergolong parah. Selain itu, akumulasi lemak berlebih ini berpotensi menimbulkan risiko gangguan kesehatan. 

Untuk mencegah obesitas, kita harus tahu dulu batasan antara kelebihan berat badan dengan obesitas. Parameter obesitas yang paling umum digunakan adalah dengan menghitung indeks massa tubuh. Bagaimana caranya? 

Selain Gak Bikin Lemes saat Puasa, Gerakan Olahraga Ini Dijamin Bikin Kurus

"Cara menghitungnya berat badan dalam kilogram, dibagi tinggi badan dalam meter dikuadrat," ujar dr Susanti saat Webinar melalui aplikasi rapat online, Kamis 11 Juni 2020. 

Lebih lanjut dia menjelaskan, indeks massa tubuh orang Asia, normalnya antara 25 - 27. Angka 27 sudah masuk kategori overweight. Sedangkan di atas 27, sudah tergolong obesitas. Lalu, bagaimana dengan parameter kelebihan berat badan? 

5 Aturan Sahur dan Buka Puasa Ampuh Turunkan Berat Badan!

"Kadang-kadang, beberapa orang yang overweight itu sebetulnya sehat, karena mungkin timbunan lemaknya hanya sedikit. Maka, diperlukan parameter yang lain, yaitu lingkar perut," kata dia. 

Santi mengungkapkan, cara yang paling akurat untuk mengetahui lingkar perut adalah dalam hitungan sentimeter. "Kalau wanita jangan lebih dari 80 cm, kalau pria jangan lebih dari 90 cm," tutur dia.

Ilustrasi beraktivitas di bulan puasa

6 Olahraga Aman saat Menjalankan Puasa Ramadan

Olahraga saat puasa dapat memberikan banyak manfaat, seperti meningkatkan stamina, menjaga kesehatan tubuh dan membantu mengontrol berat badan.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024