Hobi Makan Gorengan Tapi Ingin Tetap Langsing? Begini Triknya

Gorengan.
Sumber :
  • VIVA / Renne

VIVA – Siapa yang bisa menolak kelezatan gorengan? Rasanya, tidak ada orang yang tidak suka dengan kudapan tersebut. Bahkan, ada orang-orang yang tak bisa seharipun tanpa mengonsumsi makanan berminyak itu. 

Deva Mahenra Sebut Mikha Tambayong Antusias Mencari Takjil

Padahal, gorengan atau makanan yang digoreng, mengandung banyak lemak, kalori dan garam. Mengonsumsi gorengan dalam jumlah berlebih, dikaitkan dengan beberapa penyakit, seperti jantung, hipertensi, kolesterol hingga obesitas. 

Nah, berkaitan dengan obesitas, buat kamu yang sedang berjuang untuk menurunkan berat badan, tentu konsumsi gorengan tidak disarankan. Lalu, adakah cara agar kita tetap bisa mengonsumsi gorengan tapi berat badan tetap terkontrol? 

Dear Penderita Maag, 5 Tips Ini Bermanfaat Untukmu

Menurut dr Susanti, mengonsumsi gorengan saat sedang melakukan program diet boleh-boleh saja, asal kamu tahu triknya. Karena menurut dia, ada dua tipe orang saat menjalani diet, yaitu ada yang bisa berhenti total menghilangkan kebiasaan buruk, tapi ada juga yang perlahan, dengan mengurangi frekuensi atau jumlahnya. 

Nah, jika kamu termasuk orang yang tidak bisa menghilangkan kebiasaan untuk tidak makan gorengan, kamu bisa melakukan diet dengan cara gradual, atau mengurangi jumlah yang kamu makan. 

Menu Sahur Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

"Misal, dokter, saya sukanya makan gorengan. Biasanya sekali beli 10, sekarang kalau beli 7 aja, yang tiga donasikan ke abangnya," ujar dr Susanti saat diskusi online di Youtube, Kamis 11 Juni 2020. 

Lebih lanjut Susanti menjelaskan, metode gradual juga bisa dilakukan dengan cara lain. Jika kamu terbiasa mengonsumsi gorengan setiap hari, kamu bisa perlahan menguranginya. 

"Atau biasa tiap hari makan gorengan, ya udah diturunin seminggu jadi 3 atau 4 kali aja makan gorengannya. Nanti, turunin jadi 2-3 kali, turunin perlahan-lahan," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya