Cegah Corona, Dokter Reisa Anjurkan Langsung Mandi saat Pulang Kantor

Dokter Reisa Broto Asmoro.
Sumber :
  • Instagram @reisabrotoasmoro

VIVA – New normal atau normal yang baru mulai diterapkan oleh pemerintah dengan membuka kembali perkantoran dan pusat perbelanjaan. Juru Bicara Pemerintah untuk Penanggulangan COVID-19, dr. Reisa Broto Asmoro mengatakan bahwa protokol kesehatan perlu diperketat untuk menekan penularan virus corona di Indonesia.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Beragam protokol kesehatan mulai diterapkan pemerintah dan sesuai anjuran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) agar mengenakan masker saat keluar rumah. Tak hanya itu, saat kembali ke rumah, masyarakat juga diharapkan tetap menjaga kebersihan agar tak menularkan virus corona ke anggota keluarga di rumah.

Menurut Reisa, para karyawan yang ingin kembali ke rumah dari kantor, perlu membersihkan barang bawaan serta pakaian yang dikenakan. Alas kaki pun tak luput dari proses disinfeksi tersebut sebelum dimasukkan ke dalam rumah.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

"Setelah bekerja dan sesampainya di rumah, terapkanlah protokol kedatangan sebelum kita bertemu dengan anggota keluarga. Semprotkan disinfektan pada alas kaki maupun pada barang bawaan yang dibawa saat bekerja," kata Dokter Reisa Broto Asmoro dalam siaran BNPB, Senin, 15 Juni 2020.

Selain itu, anjuran untuk membersihkan pakaian dengan air dan sabun perlu diterapkan agar meminimalisir penularan. Penggunaan sabun juga diterapkan saat mencuci tangan bahkan mandi sebelum menyentuh anggota keluarga lain.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Benda-benda di rumah, lanjut Dokter Reisa, tak boleh disentuh sebelum mandi dan mengganti pakaian bersih. Dengan pemakaian sabun, diharapkan virus dapat hilang dengan sendirinya.

"Jadilah pelindung keluarga yang andal. Tetap produktif dan tetap menjaga keluarga aman dari COVID-19,” tutup Dokter Reisa Broto Asmoro.

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rahmat Bagja

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Ketua Bawaslu RI mengatakan bahwa Pilkada Serentak 2024 berbeda dan jauh lebih kompleks dibandingkan dengan penyelenggaraan pilkada serentak sebelumnya.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024