7 Manfaat Ajaib Kunyit, Baik untuk Diabetes Hingga Cegah Kanker
Sabtu, 20 Juni 2020 | 11:00 WIB

7 Manfaat Ajaib Kunyit, Baik untuk Diabetes Hingga Cegah Kanker

Kandungan kunyit memiliki efek antioksidan.
Kunyit
Photo :
  • Pixabay/Steve Buissinne

Kunyit

VIVA – Sejak Indonesia dilanda wabah virus corona, berbagai ramuan herbal diburu banyak orang demi menjaga imunitas tubuh. Salah satu yang paling banyak dicari adalah adalah kunyit.

Tanaman herbal berwarna kuning ini memang dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan. Berikut ini adalah deretan manfaat kunyit untuk kesehatan seperti dijelaskan dr. Lonah, SpFK, dalam tayangan Hidup Sehat di tvOne.

Menjaga kesehatan paru-paru

Kunyit merupakan salah satu tanaman rempah yang banyak ditemukan di Indonesia dan telah digunakan selama beberapa generasi. Selain untuk penyedap masakan, kunyit mengandung kurkuminoid yang memiliki efek proteksi terhadap organ tubuh, termasuk paru-paru, dari paparan radikal bebas.

Meningkatkan imunitas

Warna kuning pada kunyit merupakan kurkuminoid dan zat aktif lain yang ada di dalamnya adalah minyak asiri yang baik dikonsumsi untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Apalagi di tengah wabah atau pandemi seperti ini, tubuh memerlukan makanan sehat untuk memelihara kesehatan. Alternatif lainnya adalah mengonsumsi olahan kunyit seperti minuman.