Pandemi Virus Corona Diklaim akan Hilang Sendiri, Tak Butuh Vaksin

Corona Virus COVID-19
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Lebih dari enam bulan sudah berlalu sejak infeksi virus corona jenis baru muncul pertama kali. Hingga kini, para ilmuwan pun terus berusaha menciptakan vaksin untuk menghentikan penyebaran virus ini.

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Meski seluruh dunia tengah menggantungkan harapan akan terciptanya vaksin, tapi peneliti di Oxford merasa bahwa pandemi COVID-19, yang sudah menyebabkan lebih dari 500 ribu kematian, akan hilang dengan sendirinya tanpa butuh vaksin.

Dikutip dari laman Times of India, Profesor Sunetra Gupta, seorang peneliti di Oxford University merasa bahwa meski banyak studi dilakukan pada efikasi vaksin, tapi COVID-19 mungkin akan menjadi sekadar pandemi lainnya seperti flu, dan kita tidak akan butuh sesuatu yang khusus untuk hal yang sama.

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

Baca juga: WHO Sebut Ratusan Vaksin Virus Corona Siap Produksi di Akhir Tahun

Berbicara kepada sebuah agensi media, profesor itu mengatakan bahwa COVID-19 hanya akan berbahaya pada mereka yang masuk ke dalam kategori berisiko tinggi. Sedangkan mereka yang sehat bisa sembuh dengan cepat.

Cerita Anne Avantie Bangkrut, Temukan Kebahagiaan di Tempat Tak Terduga

"Apa yang kami sudah lihat adalah pada orang yang normal, sehat, yang bukan lansia atau lemah atau tidak punya komorbiditas, virus ini bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan lebih dari kita khawatir terhadap flu," ujarnya.

Dia juga pendukung yang kuat terhadap fakta bahwa vaksin, meskipun akan digunakan, idealnya harus digunakan pada mereka dengan imunitas rendah atau mereka yang ada dalam kelompok rentan.

Profesor Gupta pun menyebutkan bahwa membangun vaksin virus corona lebih mudah daripada vaksin influenza, yang lebih fatal bagi populasi manusia.

"Semoga angka kematiannya lebih rendah dari influenza. Saya rasa itu cukup mudah untuk membuat vaksin untuk virus corona. Sebelum akhir musim panas, kita harus sudah punya bukti kalau vaksinnya berhasil," katanya.

Dia menambahkan, meski pembatasan wilayah di seluruh dunia bisa membantu menghadang penyebaran virus hingga batas tertentu, tapi kebijakan itu bukanlah solusi permain non-farmasi untuk melawan pandemi.

Pernyataan profesor itu mungkin sejalan dengan apa yang WHO sebutkan sebulan lalu. Meski WHO sudah mengakui pembangunan yang cepat di garda depan dunia, seorang pejabat WHO dari kesehatan tubuh pernah mengatakan bahwa vaksin yang siap untuk diberikan ke publik mungkin memakan waktu 4-5 tahun.

Pejabat itu juga mengatakan adalah salah jika bergantung pada vaksin saja. Langkah lainnya harus dilakukan juga.

Meski beberapa vaksin sudah dikembangkan dan diuji dan sejauh ini dianggap aman dan efektif, tapi penyebaran dan ketersediaan vaksin untuk publik akan memakan waktu lebih lama. Mulai dari uji klinis, menguji kemungkinan efek samping, biaya dan produksi, membuat vaksin seringkali butuh waktu bertahun-tahun. Ini mungkin adalah vaksin pertama yang dikembangkan dalam alur yang cepat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya