Banyak yang Tak Percaya COVID-19 Nyata, Pasien Corona Beri Kesaksian

Warga melintas di dekat mural bergambar tenaga medis dan Virus Corona di Bantul (foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

VIVA – Pasien virus corona atau COVID-19 yang telah dinyatakan sembuh terus bertambah. Saat ini, sudah ada 31.586 orang yang dinyatakan sembuh dari COVID-19. Di kota Makassar, Sulawesi Selatan para pasien yang sembuh menceritakan pengalaman saat awal terpapar virus. 

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Tujuh orang yang telah dinyatakan sembuh berbagi pengalaman kepada masyarakat di Polres Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan. Mereka menceritakan bagaimana saat awal terpapar virus hingga akhirnya dinyatakan sembuh. 

Salah satu yang membagikan pengalamannya adalah Mardiana, petugas medis puskesmas ini menyampaikan jika dia sempat mengalami demam hingga sesak nafas. "Saya sebagai tim medis di puskesmas saya garda terdepan saya orang lapangan dan saya merasakan panas 38-39 derajat. Tiga hari setelah panas ada batuk setelah batuk sesak nah di situ saya rapid test reaktif, saya swab positif jadi saya dirawat di Rumah Sakit selama 37 hari," ujar Mardiana dikutip dari tvOne, Rabu, 8 Juli 2020.

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

Baca Juga: Makna di Balik Logo Baru BUMN

Selain Mardiana, pasien yang telah sembuh adalah Nasrun. Supir ambulan ini menjadi pasien dengan kategori Orang Tanpa Gejala (OTG). Ia mengingatkan masyarakat untuk tidak terprovokasi dengan anggapan jika COVID-19 tidak ada.  "Kita jangan terprovokasi dengan tidak adanya COVID, nyatanya saya mantan pasien COVID yang betul-betul tidak ada gejala dengan indikasi OTG jadi masyarakat menyebut COVID tidak ada," kata Nasrun. 

Cerita Anne Avantie Bangkrut, Temukan Kebahagiaan di Tempat Tak Terduga

Nasrun menganggap protokol kesehatan sangat penting untuk diterapkan masyarakat dalam menghadapi pandemi ini. Menggunakan masker dan menjaga jarak sebagai salah satu langkah untuk menjaga diri dari virus.  "Kita harus bisa memproteksi diri. Istilahnya jaga jarak dengan lingkungan dengan keluarga jangan sampai terkena seperti yang saya rasakan," sambungnya. 

Diketahui, pada Rabu 8 Juli 2020 terdapat penambahan sebanyak 1.853 kasus COVID-19. Dengan demikian total kasus pasien positif Corona hingga saat ini yaitu sebanyak 68.079 orang. Sementara, untuk pasien yang dinyatakan sembuh meningkat 800 orang sehingga totalnya 31.586 orang telah sembuh hingga hari ini. Kemudian untuk pasien meninggal dunia bertambah 50 orang, sehingga total sebanyak 3.359 orang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya