#TanyaDokter: Aturan Minum Obat Hipertensi Vs Kolesterol
Senin, 13 Juli 2020 | 07:00 WIB

#TanyaDokter: Aturan Minum Obat Hipertensi Vs Kolesterol

Ada juga pertanyaan terkait vertigo hingga bahaya diare dan bronchitis
Dokter Umum RS Pondok Indah – Puri Indah, dr. Lily Estelita Liana
Photo :
  • Dokumentasi Rumah Sakit Pondok Indah

Dokter Umum RS Pondok Indah – Puri Indah, dr. Lily Estelita Liana

VIVA – Laman VIVA.co.id baru saja membuat kolom rubrik #TanyaDokter. Di sini, kamu bisa menanyakan berbagai hal tentang kesehatan. Jika pertanyaan kamu menarik, siap-siap bakal dijawab oleh dokter-dokter yang ahli di bidangnya dari Rumah Sakit Pondok Indah-Puri Indah. Atau bahkan, bisa juga pertanyaan kamu dijawab oleh dokter cantik atau bahkan tampan. 

Nah untuk #TanyaDokter kali ini, sudah masuk pertanyaan dari beberapa pembaca. Dari sekian banyak pertanyaan yang masuk, berikut pertanyaan-pertanyaan terpilih untuk dijawab oleh Dokter Umum RS Pondok Indah – Puri Indah, dr. Lily Estelita Liana:

Tanya: Apa obat atau penanganan pertama jika mengalami masuk angin sampai diare dan muntah-muntah? Haruskah diinfus di rumah sakit?

Jawab: Pada pasien dengan diare dan muntah, asupan cairan harus sangat diperhatikan. Pada kondisi tersebut sangat rawan terjadi dehidrasi dan kekurangan elektrolit. Oralit dapat menjadi salah satu pilihan untuk menjaga kadar elektrolit dan hidrasi tubuh. 

Namun jika keluhan saat ini menyebabkan asupan sulit, maka ada baiknya untuk menemui dokter guna mendapat penanganan yang tepat. Terutama jika hal ini terjadi pada anak dan usia lanjut, karena rentan terjadi dehidrasi dan gangguan elektrolit. Pada pasien dengan tanda dehidrasi dan intake sulit, seperti lemas, kulit dan mukosa kering, mata cekung, denyut nadi meningkat, maka pemberian bantuan cairan seperti pemberian infus perlu dipertimbangkan. Sebaiknya segera menemui dokter jika menemui gejala di atas ya.