Kemasan Barang Impor Berpotensi Bawa Virus Corona

Virus corona COVID-19
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Belum lama ini pihak berwenang di China menemukan virus corona pada kemasan dan wadah udang beku yang diimpor dari tiga perusahaan Ekuador. Namun, berdasarkan hasil pengujian terhadap sampel dari makanan laut yang diimpor dari Ekuador itu dinyatakan negatif virus corona.

Perdagangan Pakaian Bekas Impor Kembali Marak, Mendag Zulhas: Tunggu Tanggal Mainnya!

Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Jenderal Biro Keamanan Pangan Impor dan Ekspor di bawah Administrasi Umum Kepabeanan China, Bi Kexin. Bi menjelaskan, dari hampir 223.000 sampel diketahui setidaknya ada enam sampel yang dinyatakan posotif COVID-19. Namun, menurut laporan SCMP, Bi mengatakan bahwa tidak berarti virus corona dapat ditularkan melalui kemasan makanan.

Baca juga: WHO Sebut Pandemi Virus Corona Tak Terkendali

Zulhas Enggan Revisi Aturan Barang Bawaan dari Luar Negeri: Bayar Pajak Dong!

"Hasilnya menunjukkan bahwa wadah dan kemasan perusahaan-perusahaan ini berada di bawah risiko terkontaminasi oleh virus corona novel. Para ahli mengatakan bahwa meskipun ini tidak berarti mereka dapat menularkan virus, itu menunjukkan bahwa manajemen keamanan makanan tidak ideal," kata dia seperti dikutip dari laman World of Buzz.

Meski para pejabat China sepakat dengan para ahli global bahwa makanan impor memiliki risiko rendah penularan virus, namun ada kebingungan di luar negeri tentang alasan kenapa China terus menguji dan menghentikan pengiriman.

Pemerintah Musnahkan Barang Impor Ilegal Senilai Rp 9,33 Miliar Demi Lindungi Konsumen

"Tes tersebut adalah langkah penting untuk mencegah risiko virus ditularkan dari saluran makanan rantai dingin impor. Ini adalah langkah yang perlu diambil untuk melindungi kesehatan rakyat dan tidak mengganggu perdagangan internasional normal," kata Bi melanjutkan. 

Tes pada makanan impor belakangan sering digencarkan oleh pemerintah setempat. Hal ini dipicu oleh adanya temuan terbaru kasus COVID-19 di Beijing pada pertengahan Juni.

Diketahui, sumber infeksi berasal dari pasar makanan di mana virus ditemukan di talenan yang digunakan untuk salmon impor. Tetapi, para ahli telah mengungkapkan bahwa ikan itu sendiri tidak mungkin membawa virus.

Impor makanan dari tiga perusahaan Ekuador telah ditangguhkan oleh China dan makanan yang disita akan dikembalikan pada saat dihancurkan. Pihak berwenang Ekuador juga telah didesak untuk meningkatkan kontrolnya atas ekspor makanan beku ke Tiongkok.

Pada 7 Juli, sekitar 60.000 sampel makanan dari berbagai tempat termasuk provinsi Zhejiang, Yunnan, Henan dan Shandong dan daerah otonom Ningxia Hui semuanya telah diuji dan ditemukan negatif, menurut wakil direktur Pusat Nasional Cina untuk Risiko Keamanan Pangan Penilaian, Li Ning.

Baca juga: 60 Detik di Lift, Wanita Ini Tularkan Virus Corona pada Puluhan Orang

“Secara keseluruhan, kemungkinan makanan terkontaminasi oleh virus corona tetap sangat kecil. Makanan bisa terkontaminasi oleh virus jika ada di sekitar atau dibawa oleh staf yang menangani makanan. Anggota staf tidak boleh pergi bekerja jika mereka memiliki gejala seperti demam, batuk, dan kelelahan," kata dia.

Li Ning juga menambahkan bahwa ‘fasilitas pemrosesan makanan dan toko ritel harus memperkuat langkah-langkah kebersihan mereka untuk mencegah infeksi’ dan konsumen harus memastikan bahwa bahan makanan bersih dan dimasak dengan matang untuk membunuh virus corona dan mikroorganisme patogen lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya