Khasiat Jahe Merah, Tingkatkan Imunitas Hingga Pereda Nyeri

Jahe
Sumber :
  • Pixabay/ congerdesign

VIVA – Jahe memiliki beragam varian yang bisa dikonsumsi. Tak cuma jahe merah, ada banyak jenis jahe lainnya yang juga memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh. Khusus untuk jahe merah, tak perlu diragukan lagi, terbukti berkhasiat mulai dari mengatasi masalah pernafasan hingga meningkatkan imunitas tubuh.

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Jahe merah merupakan rempah yang mudah ditemui di Indonesia dan sudah ada sejak dulu. Tak heran, air rebusan jahe merah sudah dikonsumsi dari zaman nenek moyang hingga kini dengan ragam khasiatnya.

Air rebusan jahe merah ini dapat dikonsumsi setiap hari, dua kali sehari. Nah, buat kamu yang belum pernah tergoda mengkonsumsi jahe, berikut 5 khasiat jahe merah dirangkum dari acara Hidup Sehat di tvOne, Senin 20 Juli 2020.

5 Cara Masukkan Lemon ke Dalam Makanan untuk Menurunkan Berat Badan

Baca Juga: #TanyaDokter: Aturan Minum Obat Hipertensi Vs Kolesterol

Pernafasan

Apakah Jahe Bisa Meredakan Batuk dan Radang Tenggorokan? Begini Faktanya

Untuk mereka yang kerap kesulitan bernafas hingga terasa sesak, jahe merah bisa dikonsumsi untuk meredakannya. Tidak sendirian, khasiat jahe merah harus dipadukan dengan rempah lainnya.

"Meredakan sesak nafas bisa menggunakan jahe merah. Campur kunyit dan temulawak untuk bantu kurangi sesak nafas. Harus hati-hati karena takut ada alergi pada jahe merah, malah tambah sesak nafas nanti," ujar Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), DR. (Cand.) dr. Inggrid Tania, M.Si.

Kulit

Dokter Inggrid melanjutkan, jahe merah juga bisa digeprek lalu direbus. Air rebusan tersebut mengandung antioksidan yang bisa membuat kulit cerah alami dan awet muda. 

Sistem pencernaan

Jahe merah dikombinasikan dengan kunyit untuk redakan mual dan kembung. Meski begitu, konsumsinya harus hati-hati pada pengidap maag.

"Jahe merah ada efek melancarkan pencernaan dan kurangi mual, tapi memang ada yang sensitif (maaf) panasnya jahe. Makanya bisa dikonsumsi setelah makan," ujarnya.

Imunitas

Dengan sifatnya meredakan mual dan kembung, maka tidur bisa lebih nyenyak sehingga daya tahan tubuh lebih baik. Efek antioksidannya juga baik dalam melawan radikal bebas. Namun, konsumsinya pun tak sendiri melainkan bersama temulawak dan kunyit.

Sendi

Dengan sifat analgesik atau pereda nyeri, maka sendi yang terasa pegal dapat diredakan. Pada mereka yang pegal linu, sifat antiinflamasi dari jahe merah mampu mengatasi rasa tak nyaman di sendi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya