#TanyaDokter: Benarkah Stres Bisa Memicu Asam Lambung?

dr. Indah Sandy Febryanti – dokter umum di RS Pondok Indah
Sumber :
  • Dokumentasi RS Pondok Indah

VIVA – Masalah asam lambung bisa dialami oleh siapa saja. Ada banyak hal yang menyebabkan asam lambung. Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah munculnya rasa terbakar di dada akibat asam lambung naik ke kerongkongan.

Dear Penderita Maag, 5 Tips Ini Bermanfaat Untukmu

Lewat rubrik #TanyaDokter, salah satu pertanyaan dari pembaca VIVA mengenai masalah asam lambung terpilih untuk dijawab oleh dr. Indah Sandy Febryanti – dokter umum yang berpraktik di RS Pondok Indah – Pondok Indah. Berikut pembahasannya. 

Baca Juga: Kemenkes Keluarkan Pedoman Terbaru Pencegahan Virus Corona

5 Tips Diet untuk Penderita Maag, GERD, dan Asam Lambung

Tanya: Benarkah stres bisa memicu asam lambung? 
Jawab: Stres itu dapat membuat hormon-hormon berubah di dalam tubuh. Karena hal ini, PH dalam lambung juga bisa berubah. Karena produksi asam lambung meningkat, makanya, pada mereka yang stres terjadi banyak keluhan di bagian pencernaan. 

Misalnya, kembung atau merasa begah atau ulu hatinya merasa tidak nyaman dan perih. Ini semua jalurnya berasal dari stres yang menyebabkan gangguan hormon dan gangguan neurotransmitter sehingga menyebabkan asam lambungnya jadi meningkat.

6 Tips Puasa Bagi Penderita GERD, Batasi dan Hindari Makanan Tertentu!

Jika kamu memiliki pertanyaan seputar kesehatan, kamu bisa bergabung dalam sesi #TanyaDokter di laman VIVA.co.id. Pertanyaan kamu bisa disampaikan melalui laman Instagram VIVA.co.id. 

Ilustrasi: orang bekerja di kantor

10 Kebiasaan yang Membuat Karyawan Bahagia di Tahun 2024 Menurut Analisis

Sepuluh kebiasaan sederhana ini dapat membantu kamu yang sebagai seorang karyawan mencapai tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi dan membawa kamu ke puncak kehidupan.

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2024