Jaga Kesehatan Fisik dan Mental untuk Lawan COVID-19, Ini Caranya

Ilustrasi Virus corona/COVID-19/masker.
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Pandemi virus corona atau COVID-19 membuat kita harus lebih ketat menjaga kesehatan. Karena jika kesehatan menurun, hal itu juga dapat menurunkan imunitas, yang membuat kita rentan tertular virus.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Selain fisik, kesehatan mental juga perlu dijaga, karena stres juga dapat menurunkan kekebalan tubuh. Untuk itu, agar kesehatan fisik dan mental kamu bisa terjaga di masa pandemi, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan, dilansir dari Mayo Clinic. 

Kesehatan fisik

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

- Konsumsi makanan sehat dan seimbang, serta minum banyak air
- Tidur 7-8 jam setiap malam
- Olahraga setiap hari
- Ambil napas dalam-dalam dan sering meregangkan tubuh
- Hindari alkohol dan narkoba 
- Sempatkan untuk keluar, seperti berjalan-jalan di taman dengan tetap mengikuti pedoman menjaga jarak. 

Baca juga: Wow! Single Terbaru Rey Mbayang Rajai Trending YouTube Indonesia

Pakar Imbau, Waspadai Pandemi Disease X, Mematikan Dibanding COVID-19

Kesehatan mental 

- Fokus pada hal-hal yang bisa kamu kendalikan
- Manfaatkan teknologi untuk tetap terkoneksi dengan orang-orang yang kamu cintai. 
- Fokuskan pikiran kamu pada saat ini dan hal-hal yang patut disyukuri. 
- Mendengarkan musik atau membaca buku
- Baca berita dari sumber terpercaya, dan berhentilah sejenak dari membaca berita atau media sosial jika itu membuat kamu cemas. 
- Percaya diri dan yakin agar kamu tetap bersemangat. 
- Cari cara agar dapat membantu komunitas, seperti melakukan donor darah, memberikan sumbangan atau donasi pada organisasi lokal. 

Di samping itu, turut peduli dengan kesehatan mental masyarakat. Guardian memberikan dukungan kepada driver GoJek, para pekerja sektor informal, khususnya pelaku UMKM, serta petugas kesehatan, dengan memberikan donasi senilai total Rp500 juta yang disalurkan melalui Yayasan Anak Bangsa Bisa. 
 
Donasi ini diberikan sebagai bentuk kepedulian akan nasib para tulang punggung keluarga. Di mana mereka harus tetap bekerja di luar rumah saat COVID-19, sementara pendapatan juga turut menurun.

Naresh Kalani, Direktur Guardian, menyatakan keprihatinannya atas pandemi yang menimpa dunia, khususnya Indonesia saat ini. Dia juga berkomitmen untuk berjalan bersama masyarakat dengan memberikan dukungan terbaik untuk melewati masa pandemi ini.

"Kami berharap donasi yang kami berikan mampu menumbuhkan kembali semangat berjuang para driver Gojek, yang saat ini menjadi salah satu perantara kami dengan konsumen. Serta, para pekerja sektor informal, khususnya pelaku UMKM, yang mengalami kendala pendapatan dan petugas kesehatan yang menjadi garda terdepan penanganan COVID-19 ini," tuturnya dalam keterangan tertulis.

Bentuk dukungan lain mereka berupa sumbangan vitamin untuk masyarakat daerah Tangerang Selatan. Hal ini disampaikan oleh Hero Group bersama donasi toren air kepada Pemerintah Kota Tangerang Selatan. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya