Tips Hindari Stres Akibat di PHK Saat Pandemi COVID-19

Tips Hindari Stres Akibat di PHK Saat Pandemi COVID-19

Rabu, 5 Agustus 2020 | 06:30 WIB
Perusahaan terkena dampak covid-19.
Ilustrasi PHK.
Photo :
  • vstory

Ilustrasi PHK.

VIVA – Pandemi COVID-19 yang melanda di berbagai negara di dunia berdampak pada berbagai aspek kehidupan. Salah satunya aspek ekonomi yang ikut terdampak, bahkan, tidak sedikit pekerja yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). PHK yang belakangan ini terjadi lantaran perusahaan mengalami penurunan income.

Masalah PHK yang dialami banyak pekerja juga berdampak pada kesehatan mental bagi sebagian orang. Tidak sedikit mereka yang kehilangan pekerjaan di tengah pandemi ini merasa stres hingga depresi  karena, mereka merasa bingung bagaimana caranya memenuhi kebutuhan hidup di masa pandemi, yang masih belum jelas kapan berakhirnya.

Spesialis Kesehatan Jiwa, dr Lahargo Kembaren, Sp. KJ dalam program Hidup Sehat TvOne dijelaskan bahwa stres itu alamiah dalam kehidupan.

Stres adalah respons orang ketika menghadapi situasi yang tidak diinginkan dalam hidup seseorang.  Namun jika berkepanjangan dan berlebihan dapat berujung pada gangguan jiwa berat apabila tidak diatasi dengan baik. Bukan hanya itu saja, stres juga dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh seseorang.

Berita Terkait :
Saksikan Juga