Layanan Telemedis Jadi Solusi Jitu Periksa Kesehatan di Tengah Pandemi

Ilustrasi dokter/rumah sakit.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Membatasi aktivitas keluar rumah memang disarankan untuk meminimalisir risiko terpapar virus corona atau COVID-19. Namun untuk hal-hal penting terkait pemenuhan kebutuhan pokok dan kesehatan, tentu ini tidak boleh ditunda. 

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Tapi sayangnya, pandemi ini membuat banyak orang takut untuk memeriksakan kondisi kesehatannya ke fasilitas kesehatan. Alasan utamanya adalah, mereka takut tertular virus selama di perjalanan atau saat di rumah sakit.

Baca juga: Susu Kurma Mampu Tingkatkan Imunitas Lawan Virus Corona

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Nah, jika kamu memiliki keluhan kesehatan atau penyakit tertentu dan ingin mengonsultasikan ke dokter, namun memiliki ketakutan datang ke faskes. Menggunakan layanan telemedis bisa jadi pilihan. 

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr Daeng Faqih mengatakan, keberadaan aplikasi konsultasi kesehatan daring atau telemedis atau telemedicine, memiliki beberapa kelebihan. Salah satunya, kita lebih leluasa untuk mengobrol atau berkonsultasi dengan dokter. 

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

"Lebih leluasa untuk ngobrol. Mengutarakan pendapat baik dengan tulisan maupun dengan konsultasi secara verbal, itu yang pertama," ujarnya saat peluncuran virtual platform teknologi kesehatan Aido Health, Kamis 6 Agustus 2020. 

Kemudian, kelebihan kedua, menurut Daeng, dengan memanfaatkan layanan telemedicine bisa menghemat waktu, jarak, maupun biaya yang dikeluarkan. 

"Jadi, kalau bukan penyakit-penyakit yang emergency, yang harus dengan penanganan khusus dan segera, atau tidak memerlukan pemeriksaan spesifik dengan alat-alat tertentu. Memang platform kesehatan digital ini, menurut saya, bisa menjadi pilihan," kata dia.

Baca juga: Ramuan Jamu untuk Ringankan Gejala Penyakit Penyerta COVID-19

Berada dalam diskusi yang sama, Advisor Aido Health, dr. Roy Sibarani, mengatakan saat ini terdapat tiga penyakit kronis yang memiliki jumlah pasien terbanyak, yaitu stroke, penyakit jantung, dan diabetes. Nah, layanan telemedis juga bisa membantu. 

"Layanan homecare dapat memberikan pelayanan yang lebih nyaman bagi pasien yang memiliki penyakit kronis tersebut. Karena, tenaga kesehatan dari mitra fasilitas kesehatan yang akan mengunjungi rumah pasien, dan memberikan pengobatan langsung di tempat," tutur Roy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya