Ahli: Cukup Satu Bahan Ini untuk Stabilkan Gula Darah Diabetes

Pekerja menunjukan hasil panen cengkih di Musuk, Boyolali, Jawa Tengah
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

VIVA – Cengkeh merupakan salah satu rempah yang banyak terdapat di Indonesia. Rempah yang memiliki aroma khas ini sering dimanfaatkan sebagai campuran makanan atau minuman. Bahkan, cengkeh sering digunakan sebagi campuran dalam pembuatan rokok. Tapi bukan cuma itu, cengkeh ternyata juga dianggap bisa stabilkan gula darah.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Bahkan, ternyata cengkeh yang mudah diperoleh dari dapur ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu anggapan yang beredar di masyarakat, cengkeh rupanya dapat menstabilkan gula darah pada penderita diabetes. Mitos atau fakta? 

"Fakta. Karena senyawa aktif dalam cengkeh itu bersifat menyeimbangkan metabolisme glukosa. Jadi, dia akan meningkatkan sensitivitas insulin, terus mengurangi produksi glukosa oleh liver," ujar Ahli Herbal, dr. Inggrid Tania, M.Si., dalam program Hidup Sehat di tvOne, Senin 10 Agustus 2020. 

Belimbing Wuluh Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Tubuh, Ini Daftarnya

Baca Juga: Jefri Nichol dan Dimas Anggara Gak Tahan Simpan Rahasia Bumilangit

Lebih lanjut dokter Inggrid menjelaskan, cengkeh sebenarnya bisa dikonsumsi langsung, dengan cara digigit, dikunyah lalu ditelan. Namun, tidak semua orang akan kuat karena cengkeh memiliki tekstur yang keras. Lalu, bagaimana cara mengonsumsinya? 

Ketahui Tips Puasa Sehat untuk Penderita Diabetes, Dijamin Tahan Sepanjang Hari

"Kita bisa rebus cengkeh. Cengkeh ini sebenarnya bunga yang sudah dikeringkan, itu bisa kita ambil satu sendok atau kira-kira 15-20 butir. Direbus dengan satu gelas air. Jadi, satu sendok ini untuk takaran satu gelas air," lanjut dia. 

Menurut Inggrid, cukup menggunakan satu bahan, yaitu air rebusan cengkeh sudah bisa membantu menstabilkan gula darah. Tapi, ketentuan ini tidak berlaku jika kadar gula darah yang diderita cukup tinggi. 

"Kalau gula darah kita agak tinggi sedikit, bisa tambahkan kayu manis. Kayu manis sifatnya hipoglikemik, jadi bisa menurunkan glukosa darah," kata Inggrid menjelaskan. 

Sedangkan untuk aturan mengonsumsinya, air rebusan cengkeh ini bisa diminum 1-2 kali sehari. Inggrid menjelaskan, ramuan ini akan lebih baik jika dikonsumsi sebelum makan. Tapi... 

"Tapi setelah itu harus langsung makan. Jika dikombinasikan dengan obat-obatan diabetes, harus diberi jarak 2 jam dengan obat diabetes dari dokter," kata dia. 

Jika diminum secara rutin, minuman cengkeh ini juga dapat digunakan untuk mencegah diabetes. Aturannya masih tetap sama, yaitu dikonsumsi 1-2 kali sehari, untuk menyeimbangkan metabolisme glukosa dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya