Kuning Telur Baik untuk Otak, Tapi Ketahui Aturan Konsumsinya

Ilustrasi telur.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Tidak sedikit dari kita yang enggan untuk mengonsumsi kuning telur dengan alasan kesehatan. Ya, kuning telur dianggap bisa meningkatkan kadar kolesterol seseorang.

Daftar Harga Pangan 24 April 2024: Beras hingga Gula Konsumsi Naik

Maka tidak heran, sering dinasihati untuk membuang kuning telur dan hanya mengonsumsi putihnya saja. Sayang sekali, karena sebenarnya ada banyak manfaat kuning telur untuk kesehatan tubuh Anda.

Dalam program Hidup Sehat tvOne, spesialis gizi klinis, dr. Putri Sakti Dwi Permanasari, M.Gizi, Sp.GK menjelaskan bahwa kuning telur baik untuk kesehatan otak khususnya untuk meningkatkan daya ingat.

Momen STY Dilempar Telur Kembali Viral Jelang Indonesia vs Korsel, Warganet: Buktikan Coach

"Kuning telur memang terkenal jahat, kolesterol. Tapi kuning telur tinggi akan kolin ini untuk sel kita, melapisi sel saraf sehingga produksi sel bagus sinyal bagus sehingga fokus optimal," kata Putri, Selasa, 11 Agustus 2020.

Putri juga menjelaskan bahwa tidak masalah mengonsumsi kuning telur. Namun, perlu diperhatikan jumlah konsumsinya. Terutama bagi mereka yang memiliki riwayat darah tinggi, jantung, hingga stroke.

Daftar Harga Pangan 23 April 2024: Daging Sapi hingga Telur Ayam Turun

"Orang dengan riwayat jantung, darah tinggi, stroke, konsumsinya tidak boleh lebih dari 300 gram atau 1 buah per hari. Konsumsi telur kuning juga harus diimbangi dengan olahraga," kata dia.

Selain itu, Putri juga menyarankan untuk mengonsumsi telur dikombinasikan dengan sayur. Mengingat, kata dia, sayur tinggi akan serat, yang mana serat dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol.

"Disarankan dikombinasikan dengan sayur," tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya