Mengenal Skoliosis, Kelainan Tulang Belakang yang Diidap Jessica Mila

Mengenal Skoliosis, Kelainan Tulang Belakang yang Diidap Jessica Mila

Jumat, 14 Agustus 2020 | 12:13 WIB
Skoliosis seperti yang diidap Jessica Mila umumnya muncul di usia anak
Ilustrasi tulang punggung.
Photo :
  • Pixabay/Geralt

Ilustrasi tulang punggung.

VIVA – Pesinetron dan pemain film Jessica Mila mengaku mengidap skoliosis sejak duduk di bangku SMP. Skoliosis merupakan kelainan tulang punggung belakang melengkung seperti huruf C atau S. 

Dilansir dari laman Mayo Clinic, skoliosis atau kelainan tulang belakang umumnya terjadi pada masa anak-anak sebelum masa pubertas. Sekitar 3 persen remaja dilaporkan menderita skoliosis.

Baca juga: Curhat Jessica Mila Idap Skoliosis Sejak SMP

Sebagian besar kasus skoliosis tidak diketahui penyebabnya, meskipun tampaknya kasus skoliosis terjadi karena faktor keturunan, sebab kelainan tersebut cenderung diturunkan dalam keluarga. Jenis skoliosis yang kurang umum dapat disebabkan oleh kondisi neuromuskuler, seperti cerebral palsy atau distrofi otot, cacat lahir yang memengaruhi perkembangan tulang belakang, serta cedera atau infeksi tulang belakang

Sebagian besar kasus skoliosis berada pada level ringan, tetapi beberapa kelainan bentuk tulang belakang dapat menimbulkan kelumpuhan bagi para penderitanya. Tidak hanya itu saja, lekukan tulang belakang yang sangat parah dapat mengurangi jumlah ruang di dalam dada, sehingga paru-paru sulit berfungsi dengan baik.

Berita Terkait :
Saksikan Juga