Susu Bisa Bersihkan Paru-paru, Benarkah?

Ilustrasi air susu.
Sumber :
  • Pixabay/manolofranco

VIVA – Susu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Diketahui, susu baik untuk pertumbuhan gigi dan tulang, membuat tidur lebih nyenyak, menetralisir racun, mencegah dehidrasi, dan masih banyak lagi. 

Pentingnya Konsumsi Susu saat Sahur untuk Jaga Kondisi selama Berpuasa

Saking memiliki banyak manfaat, tak sedikit yang menganggap kalau susu juga dipercaya dapat membersihkan paru-paru. Benarkah demikian? Kira-kira, mitos atau fakta? 

"Mitos. Jadi, saya seringkali mendengar kabar bahwa susu bisa membersihkan paru-paru, tetapi itu semua mitos. Tidak terdapat hubungan antara konsumsi susu dengan kebersihan paru-paru," ujar Spesialis Gizi Klinik, dr. Feni Nugraha, M.Gizi, Sp.GK, dalam tayangan Hidup Sehat Plus di tvOne, Jumat 14 Agustus 2020. 

Ini Bahan Pengganti Santan dalam Memasak, Cocok untuk Masak Menu Berbuka

Baca Juga: Cara Penanganan Pasien di Rumah Sakit Rujukan COVID-19

Menurut dokter Feni, salah satu faktor risiko dari penyakit paru-paru dan yang dapat memperberat gejalanya adalah kebiasaan merokok. Jadi, salah satu cara untuk mendapatkan paru-paru yang sehat, kita harus menghentikan kebiasaan tersebut. 

Indonesia Peringkat Kedua, Negara dengan Kasus Terbanyak TB di Dunia

"Kemudian, harus dibarengi dengan konsumsi makanan sehat, bergizi dan seimbang. Nah, salah satunya susu ini," lanjut dia. 

Feni menjelaskan, susu mengandung berbagai zat gizi yang penting untuk tubuh kita. Anjuran untuk mengonsumsi susu yaitu sebanyak 2-3 gelas per hari, untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian. 

"Tentu saja, susu yang dipilih dan menyehatkan adalah susu yang rendah lemak, atau dapat memilih susu yang tidak mengandung lemak atau susu skim," kata dia. 

Baca Juga: Pakai Mini Dress Pamer Dada, Anya Geraldine: Segini Pas Apa Turunin?

Feni turut memperingatkan untuk tidak memilih susu yang tinggi lemak atau yang biasa kita kenal dengan susu full cream. Apakah itu saja sudah cukup? 

"Selain mengonsumsi susu, kita harus menjalankan pola hidup yang sehat, di antaranya makan yang sehat, olahraga teratur, kemudian tidak boleh merokok dan konsumsi alkohol, istirahat yang cukup, lalu jangan lupa hindari stres," tutup dokter Feni.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya