Deretan Khasiat Rumput Gandum yang Mengejutkan

Rumput gandum atau wheatgrass.
Sumber :
  • Pixabay/Didgeman

VIVA – Rumput gandum atau wheatgrass belakangan ini tengah populer di kalangan masyarakat sebagai suplemen dan makanan super sehat. Rumput gandum ini merupakan rumput muda, tebal berwarna hijau cerah dari tanaman gandum.

6 Takjil Rendah Kalori Untuk Menjaga Berat Badan Ideal

Berasal dari famili Triticum Aestivum, rumput gandum ini memiliki kandungan vitamin dan kaya akan mineral yang baik bagi kesehatan. Hal tersebut diungkapkan oleh Spesialis Gizi Klinis, Reisa Djuanda dalam program Hidup Sehat tvOne.

Baca Juga: Cicipi Jus Rumput Gandum, Herbal Sehat Kaya Khasiat

5 Tips Jitu Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

Salah satu kandungan vitamin yang terdapat pada rumput gandum adalah vitamin C dan E yang baik untuk meningkatkan imunitas tubuh.

"Efek berbagai vitamin dalam rumput gandum berfungsi sebagai antioksidan tangkal radikal bebas yang meningkatkan sistem inun dalam tubuh," kata dia dalam program Hidup Sehat tvOne, Jumat, 21 Agustus 2020.

Atasi Ketiak Basah dan Bau Tak Sedap dengan 5 Tips Ini

Selain itu, rumput gandum juga diketahui dapat mencegah terjadinya anemia. Sebab, rumput gandum, kata Reisa, mengandung klorofil yang tinggi. Yang mana klorofil pada tubuh dapat meningkatkan kadar oksigen di dalam pembuluh darah, sehingga dapat meningkatkan hemoglobin yang dapat mengatasi anemia.

Rumput gandum juga baik untuk mereka yang tengah menjalani diet. Sebab, rumput gandum tidak memiliki kalori dan lemak.

"Rumput gandum hanya mengandung protein yang cukup dan serat yang efeknya anoreksia, penurunan nafsu makan," jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya