Konsumsi Gula Berlebihan Bisa Bikin Wajah Terlihat Lebih Tua

ilustrasi gula, garam, kayu manis
Sumber :
  • Pixabay/ ulleo

VIVA – Jika dikonsumsi dalam takaran yang pas, sebenarnya gula bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Diketahui, karena mayoritas gula mengandung karbohidrat, gula dapat memberikan energi bagi tubuh. 

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Namun, hati-hati, jika dikonsumsi berlebihan, gula membawa begitu banyak dampak buruk bagi kesehatan. Spesialis gizi klinis, dr Raissa E. Djuanda, M.Gizi, Sp.GK, turut membeberkan sejumlah kerugian yang diakibatkan oleh gula.

Dampak jangka panjang, orang-orang yang mengonsumsi gula berlebih, dapat menderita beberapa penyakit kronis, di antaranya diabetes, penyakit jantung, gangguan pembuluh darah, ginjal, stroke, hingga obesitas.

5 Dampak Buruk Stres Buat Kesehatan Kulit, Penuaan Dini Hingga Bikin Kusam

Baca juga: Pesan Minuman Less Sugar, Ngaruh Kurangi Gula Gak Sih?

"Dampak kesehatan yang langsung terlihat adalah yang pertama kulit jadi jerawatan. Juga wajah jadi tampak tua dan terjadi gangguan konsentrasi saat berpikir," ujarnya dalam tayangan Hidup Sehat Plus di tvOne.

Wajah Glowing Bebas Flek Hitam dan Jerawat di Hari Raya? Simak Tips Ampuhnya!

Lalu, berapa batas gula yang direkomendasikan untuk dikonsumsi dalam satu hari, supaya tidak berbahaya untuk tubuh? "Dalam satu hari, batasan asupan gula oleh Kemenkes RI, hanya 4 sendok makan saja tidak lebih," kata dia. 

Sedangkan menurut rekomendasi American Heart Association (AHA), membagi batas konsumsi gula berdasarkan jenis kelamin. Batasan gula untuk laki-laki adalah tidak lebih dari 9 sendok teh, sedangkan perempuan tidak lebih dari 6 sendok teh. Kemudian untuk anak-anak yang berumur 2-18 tahun, juga tidak melebihi 6 sendok teh.

"Untuk jenis gula lainnya yang tidak bisa pakai sendok takar, aturannya adalah, untuk laki-laki tidak boleh lebih dari 36 gram per hari dan untuk wanita serta anak-anak maksimal hanya 25 gram. Jadi, sebelum mengonsumsi, sebaiknya ditimbang dulu dengan timbangan makanan," saran dokter Raissa.

Baca juga: Hati-hati dengan Gula, Konsumsi Berlebih Bikin Tubuh Gampang Sakit

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya