Sayuran Ini Sangat Bagus untuk Meningkatkan Imunitas

Buah-buahan dan sayur-sayuran.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Pandemi virus corona atau COVID-19, tak melulu berdampak buruk. Setidaknya, kondisi ini membuat kita jadi peduli pada kesehatan. Dari mulai menjaga asupan makan hingga berolahraga, semuanya dilakukan agar kita menjadi versi yang lebih sehat dari diri kita sendiri.

Rekomendasi Makanan yang Bisa Menjaga Kulit Lebih Sehat dan Bersih, Apa Saja?

Hingga kini, karena masih belum ada obat untuk mengatasi COVID-19, satu-satunya cara untuk tetap aman adalah dengan menjaga kekebalan tubuh atau imunitas kita agar tetap kuat.

Makan lebih banyak buah dan sayuran adalah cara termudah untuk memasukkan lebih banyak nutrisi ke dalam tubuh, yang juga dapat membantu kita agar tidak mudah sakit.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Baca juga: Lagi Tren Cupang Rim, Cantik-cantik Harganya Jutaan

Tapi, apakah ada jenis sayuran yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh kita dengan baik?

6 Takjil Rendah Kalori Untuk Menjaga Berat Badan Ideal

Dilansir Times of India, ada satu sayuran yang disebut sangat bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Lantas, apakah sayuran tersebut? Simak ulasannya sebagai berikut:

Sayuran yang dimaksud adalah jamur shiitake. Jenis jamur khusus ini dianggap baik untuk meningkatkan kekebalan, karena mengandung polisakarida atau zat pembangun kekebalan.

Satu porsi jamur shiitake, mengandung sekitar 40 persen nilai harian tembaga dan 33 persen dari nilai harian vitamin B5 yang dibutuhkan tubuh.

Diketahui, vitamin B5 dapat membantu sistem kekebalan dengan memproduksi dan melepaskan antibodi, sedangkan tembaga membantu memberantas radikal bebas.

Baca juga: Tiga Gejala Baru Virus Corona, Nomor 1 Dialami Setiap Hari

Jamur ini juga mengandung asam amino dan senyawa berkolerasi heksosa aktif yang disebut AHCC, di mana senyawa tersebut dapat membantu mendukung sistem kekebalan.

Hasil studi laboratorium juga menunjukkan, AHCC dapat meningkatkan beberapa jenis sel kekebalan. Selain itu, AHCC dapat membantu meningkatkan fungsi hati pada penderita karsinoma hepatoseluler dan sirosis.

Sebuah studi yang diterbitkan pada 2015, menemukan bahwa mengkonsumsi 5-10 gram jamur setiap hari selama sebulan, dapat meningkatkan respons kekebalan pada 52 orang dewasa.

Nah, dengan begitu banyak manfaatnya, apakah kamu masih ragu untuk memasukkan sayuran ini ke dalam menu harianmu?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya