Penderita Diabetes Boleh Minum Kopi, Syaratnya...

Kopi
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Bagi pecinta kopi, rasanya ada yang kurang jika tidak minum kopi dalam sehari. Bahkan, bagi orang-orang yang sudah menjadikan minum kopi sebagai kebiasaan, tubuh terasa lemas dan mengantuk jika tidak mengonsumsi minuman berkafein ini. 

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Tapi, buat orang-orang yang memilki riwayat penyakit diabetes, tentu harus berhati-hati dalam memilih makanan dan minuman yang akan dikonsumsi. Tetapi, kabar baiknya, ternyata kopi baik dikonsumsi oleh para penyandang diabetes.

Melalui program Hidup Sehat di tvOne, Spesialis Gizi Klinik, dr Feni Nugraha, M.Gizi, Sp.GK, menegaskan kopi memang baik dikonsumsi oleh diabetesi, atau penyandang diabetes, karena mengandung asam klorogenat dan kandungan cafestol di dalamnya. 

11 Rekomendasi Coffee Shop untuk Kerja di Jakarta Selatan

"Nah, dua kandungan ini sifatnya anti diabetic. Jadi, dia bisa membantu menstimulasi pelepasan dari insulin dan juga dapat meningkatkan kepekaan dari sel-sel tubuh kita terhadap insulin," ujarnya di studio tvOne, Selasa 1 September 2020. 

Namun, dokter Feni memperingatkan konsumi kopi sebaiknya tanpa gula. Jika ingin menambahkan sedikit rasa manis, bisa ditambahkan gula buatan atau pemanis khusus untuk penderita diabetes. Feni turut menyarankan agar penderita diabetes menjalani gaya hidup sehat. Terutama, jika Anda mengalami obesitas. 

Mejeng di Pameran Kopi Terbesar di Amerika, Produk Lampung dan Bajawa Bidik Pasar Gobal

"Jika Anda mengalami obesitas, itu salah satu faktor risiko diabetes, tentu saja Anda harus menurunkan berat badan untuk mencapai berat badan ideal. Kemudian, pola makan Anda harus lebih sehat," lanjut dia. 

Menurut Feni, pola makan yang sehat harus diwujudkan dengan pemilihan jenis makanan yang tinggi serat, seperti buah-buahan dan sayuran. Kemudian, hindari juga konsumsi gula dan lemak yang terlalu tinggi, seperti makanan yang digoreng. 

"Yang berikutnya Anda juga harus melakukan aktivitas fisik. Jadi harus berolahraga, karena dengan olahraga akan membantu untuk meningkatkan sensitivitas atau kepekaan kita terhadap insulin," tutur dia. 

Untuk durasinya, penderita diabetes disarankan untuk berolahraga kurang lebih 30 sampai 60 menit per hari, 3 sampai 5 kali per minggu dan dilakukan dengan intensitas sedang. Contohnya, seperti berjalan, bersepeda, atau berenang.

Baca juga: Ingat, Penderita Diabetes Dilarang Konsumsi Jenis Gula Ini

"Tapi hati-hati, bagi penyandang diabetes sebelum melakukan olahraga lebih baik periksa dulu kadar gula darahnya. Karena jika gula darahnya terlalu rendah, disarankan untuk mengonsumsi makanan terlebih dahulu sebelum olahraga. Jika gula darah terlalu tinggi, yaitu di atas 250, lebih baik Anda tunda terlebih dahulu olahraganya," lanjut Feni. 

Yang terakhir, Feni mengingatkan agar tidak lupa rutin memeriksa kadar gula darah dan waspada komplikasi yang terjadi pada diabetes.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya