Studi: Pewarna Rambut Meningkatkan Risiko Kanker pada Wanita

Mewarnai rambut
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Menggunakan pewarna rambut permanen untuk menutupi uban atau untuk meningkatkan penampilan Anda sudah menjadi tren sejak lama. Tetapi wanita yang menggunakan pewarna permanen, perlu dicatat bahwa hal itu ternyata meningkatkan risiko beberapa jenis kanker termasuk kanker payudara, kulit dan ovarium, kata sebuah penelitian baru-baru ini.

Angger Dimas Ungkap Alasan Sang Ibunda Dimakamkan Dekat Makam Dante

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Harvard dan diterbitkan dalam The Journal of The BMJ, pewarnaan rambut ternyata berdampak pada kemungkinan beberapa jenis kanker, demikian dilansir dari laman Times of India.

Penggunaan pewarna rambut sangat umum, terutama di antara kelompok usia tua karena mereka ingin menutupi warna abu-abu mereka. Ditemukan bahwa 50 persen-80 persen wanita dan 10 persen pria yang berusia lebih dari 40 tahun menggunakan pewarna di AS dan Eropa.

Blak-blakan, Aldi Taher Ungkap Rahasia Sembuh dari Kanker

Baca juga: WHO Sebut Vaksin COVID-19 Belum Tersedia Sampai Pertengahan 2021

Untuk lebih memahami risiko kanker akibat pewarna rambut, peneliti menganalisis data dari 117.200 wanita dari Nurses 'Health Study, termasuk penilaian paparan pewarna rambut.

Heboh Kopi Tanpa Kafein, Disebut Mengandung Bahan Pemicu Kanker

Tak satu pun dari wanita ini memiliki riwayat kanker dan mereka diamati selama 36 tahun. Penggunaan pewarna permanen dikaitkan dengan peningkatan risiko karsinoma sel basal pada kulit. Risikonya lebih tinggi pada wanita dengan rambut terang alami.

Hasilnya menemukan peningkatan risiko tiga jenis kanker payudara - reseptor estrogen-negatif, reseptor-negatif progesteron dan reseptor-hormon-negatif. Kanker ovarium juga dikaitkan dengan penggunaan pewarna rambut permanen. Risikonya meningkat dengan peningkatan jumlah dan frekuensi wanita menggunakan pewarna rambut.

Baca juga: Reza Artamevia Minta Maaf ke Anak-anaknya

Risiko limfoma Hodgkin juga terlihat dengan penggunaan pewarna rambut permanen pada wanita yang memiliki rambut gelap alami. Warna yang lebih gelap dikatakan memiliki konsentrasi yang lebih tinggi.

Meskipun Anda dapat menggunakan pewarna buatan sendiri untuk mengurangi risiko, berikut beberapa hal yang dapat diikuti untuk mewarnai rambut dengan cara yang paling aman:

- Jangan biarkan pewarna di kulit kepala lebih dari waktu yang disarankan.
- Bilas kepala Anda secara menyeluruh dengan air untuk menghilangkan pewarna.
- Pastikan untuk memakai sarung tangan saat mengaplikasikan pewarna.
- Jangan mencampur dua produk yang berbeda, sampai instruksi mengatakan demikian.
- Ikuti semua instruksi yang tertulis pada produk

Bahan yang paling umum dan berbahaya dalam pewarna rambut termasuk amonia, peroksida, p-phenylenediamine, diaminobenzene, toluene-2, 5- diamine dan resorsinol.

Semua bahan kimia ini dapat menyebabkan iritasi serius pada kulit, mata, dan paru-paru. Selain itu juga dapat menyebabkan luka bakar kimiawi, melepuh pada kulit kepala, rambut rontok, dan bahkan kanker.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya