Kabar Baik, Konsumsi Mangga Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi

Ilustrasi mangga
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Selain lezat, buah mangga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Diketahui, buah satu ini dapat mengatasi dehidrasi, membantu menurunkan berat badan, menyehatkan mata, melancarkan pencernaan, dan masih banyak lagi.

Bea Cukai dan Karantina Musnahkan Mangga Impor Tak Berizin

Tapi selain manfaat yang sudah disebutkan di atas, banyak juga yang beranggapan bahwa dengan rutin mengonsumsi buah mangga, dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi. Kira-kira, mitos atau fakta ya?

Baca Juga: Penderita Diabetes Boleh Konsumsi Mangga, Asal...

Polisi Musnahkan 19 Ribu Lebih Mangga Dari Malaysia, Ini Alasannya

"Fakta. Karena mangga tinggi serat salah satunya pektin. Tingginya serat larut pada mangga ini tujuannya nanti di saluran pencernaan kita, salah satunya selain untuk menghambat gula, dia juga bisa membantu menghambat penyerapan kolesterol," ujar spesialis gizi klinik, dr Putri Sakti Dwi Permanasari, M.Gizi, Sp.GK, dalam tayangan Hidup Sehat di tvOne, Selasa 8 September 2020.

Dokter Putri membenarkan, dengan konsumsi buah mangga, salah satu efeknya dapat menurunkan kolesterol. Tapi, disarankan, dikombinasikan juga dengan buah-buahan lain.

Kurang Tidur Saat Puasa, Bisa Picu Kenaikan Kadar Kolesterol, Kok Bisa?

Buah mangga.

"Jadi kita variasikan dengan buah-buahan lain yang juga tinggi serat. Dan jangan lupa, pilih mangganya sebisa mungkin yang masih mengkal, jangan terlalu manis sekali," kata dia.

Putri turut memperingatkan, konsumsi buah mangga sebaiknya jangan dicampur dengan makanan atau minuman lain yang tinggi kandungan gula. Apa alasannya?

"Mangga itu sudah tinggi dengan gula, apalagi kalau sudah matang banget. Kalau ditambah lagi minuman di mal biasanya ditambah lagi dengan ekstra susu, belum lagi kental manis atau susu yang lemaknya tinggi, lemak jenuh. Bayangkan, sudah dia tinggi gula, ditambahkan kental manis yang tinggi gula, ditambahkan lagi jahatnya lemak susu yang diekstrakan," lanjut dia.

Putri menjelaskan, konsumsi mangga dengan campuran seperti itu sangat tidak baik, apalagi untuk penderita kolesterol, sebaiknya dihindari. Karena pada dasarnya, mangga baik untuk kesehatan, asal dikonsumsi dengan cara yang benar.

"Sebenarnya mangga ini pada dasarnya bagus untuk menjaga kesehatan jantung, ada potasium, magnesium, bahkan ada antioksidan yang namanya mangiferin. Antioksidan ini bagus sekali untuk peredaran darah dan juga kesehatan dari jantung. Nah, tetapi sebaiknya dimakannya berupa buah potong," saran dokter Putri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya