3 Manfaat Tak Terduga Gula

Ilustrasi gula
Sumber :
  • Pixabay/955169

VIVA – Tidak sedikit dari kita yang sulit untuk tidak mengonsumsi makanan atau minunan manis. Sebab, makanan manis disebut dapat menjadi pembangkit mood yang sangat cepat.

Ketahui Tips Puasa Sehat untuk Penderita Diabetes, Dijamin Tahan Sepanjang Hari

Tetapi tidak hanya menjadi pembangkit mood, gula juga memiliki manfaat lainnya untuk tubuh. Apa saja manfaat dari gula bagi tubuh? Berikut ini ulasannya seperti dari tayangan Hidup SehattvOne, Rabu 9 September 2002.

Gula mampu meningkatkan konsentrasi

Penderita Diabetes Tak Usah Takut Lagi Makan Nasi, Begini Cara Masaknya agar Rendah Gula

Ketika sulit berkonsentrasi dalam mengerjakan sesuatu, konsumsilah minuman yang mengandung gula. Namun, pastikan mengonsumsi gula berlebihan. Cukup 50 gram atau setara 5-9 sdt per harinya.

Baca juga: Gak Nyangka, 5 Hal Ini Sebabkan Kita Terkena Asam Urat

Glaukoma Lebih Berbahaya Daripada Katarak

Gula dapat meningkatkan energi dengan cepat

Ketika gula dikonsumsi dalam bentuk makanan atau minuman tubuh akan mengubahnya menjadi glukosa sehingga menghasilkan energi dengan cepat. Ketika tubuh merasa lemas dan kelelahan membuat minuman hangat dengan takaran gula yang pas mampu mengembalikan energi pada tubuh.

Gula juga dapat menjadi bahan perawatan kecantikan kulit

Dengan memberikan olesan gula pasir dan madu murni di wajah dapat mengangkat sel kulit mati. Scrub gula dan madu ini juga dapat digunakan di area bibir sebab mampu melembutkan kulit wajah dan bibir.

Tapi, penting untuk diingat agar tetap mengontrol jumlah asupan gula harian. Asupan gula harian per hari yang direkomendasikan adalah sebesar 50 gram.

Mengatur asupan gula penting agar terhindar dari gangguan kesehatan seperti obesitas. Salah satu faktor yang menyebabkan obesitas adalah penumpukan lemak di tubuh. Salah satu penyebabnya adalah meningkatnya minuman dengan kandungan fruktosa.

Baca juga: Ngeri, Gigi Bolong Bisa Picu Pertumbuhan Kista Mulut

Selain itu, konsumsi gula terlalu berlebihan juga dapat meningkatkan risiko diabetes. Diabetes dipicu oleh terhambatnya produksi hormon insulin. Hormon insulin berguna untuk mengubah makanan menjadi energi.

Selain itu, konsumsi gula berlebih juga dapat berisiko terkena kanker pankreas. Hal ini disebabkan, kebanyakan mengonsumsi gula dapat memicu obesitas dan diabetes. Keduanya dapat meningkatkan kemungkinan seseorang terkena kanker pankreas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya