3 Cara Mudah Cegah Kanker Payudara Sejak Muda

Ilustrasi kanker payudara
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Kanker payudara menjadi salah satu masalah kesehatan dunia yang menyebabkan kematian paling tinggi. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Riskedas 2018 menyatakan bahwa tingginya angka kanker payudara di Indonesia mencapai 42,1 orang per 100 ribu penduduk dengan rata-rata kematian akibat kanker ini mencapai 17 orang per 100 ribu penduduk.

Usai Didiagnosis Kanker, Kate Middleton dan Keluarganya Memutuskan Pergi Berlibur

Sementara, menurut data yang diambil dari Global Cancer Observatory 2018 dari World Health Organization (WHO), menunjukkan bahwa kasus kanker yang paling banyak terjadi di Indonesia adalah kanker payudara, yaitu dengan jumlah 58.256 kasus atau 16,7 persen dari total 348.809 kasus kanker. Melihat data tersebut, diperlukan upaya pencegahan dengan berbagai hal.

Baca Juga: Menstruasi Dini Berisiko Kanker Payudara, Ini Pencegahannya

Kate Middleton Jalani Kemoterapi Preventif, Benarkah Bisa Bunuh Sel Kanker 100 Persen?

"Lebih dini penyakit kanker ditemukan, dan mendapat penanganan sejak awal, maka peluang untuk sembuh pun jauh lebih besar," ujar Medical Departemen PT Kalbe Farma Tbk., dr. Hastarita, beberapa waktu lalu.

Menurut Hastarita, terdapat berbagai cara untuk bisa mencegah kanker payudara. Berikut rangkumannya.

5 Cara Alami untuk Berhenti Merokok, Dukungan Sosial Jadi yang Terpenting

1. Deteksi dini

Deteksi Dini Kanker Payudara dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu SADARI (perikSA payuDAra SendiRI) dan SADANIS (perikSA payuDAra kliNIS) melalui pemeriksaan USG atau Mamografi. Upaya mendeteksi dini kanker payudara dilakukan dengan menggunakan metode Pemeriksaan Payudara Klinis (SADANIS) atau screening pada perempuan usia 30-50 tahun.

"Pada usia di atas 40, biasanya juga ditawarkan untuk melakukan mamografi. Sementara pada usia remaja, bisa melakukan pemeriksaan sendiri pada area payudara, puting, dan ketiak," paparnya.

2. Rutin aktivitas fisik

Dengan rutin melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga ringan, mampu membuat fungsi kerja organ di tubuh terjaga dengan baik. Meski bukan 100 persen mampu mencegahnya, namun olahraga tetap efektif menjaga tubuh tetap bugar termasuk cegah kanker.

3. Cegah obesitas

Menjaga berat badan berlebih dapat mencegah tubuh terhindar dari berbagai penyakit termasuk kanker payudara. Salah satu cara mencegah obesitas adalah dengan pola makan seimbang.

"Nantinya akan mengontrol berat badan. Kita tahu sebenarnya faktor risiko kanker payudara jika memiliki overweight atau obesitas," paparnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya