#TanyaDokter: Tenggorokan Terasa Ada Sensasi Mint, Tanda Sakit Apa?

RSPI - dr. Hastomo Prabowo
Sumber :
  • Dokumentasi RSPI

VIVA – Pernah merasakan tenggorokan terasa seperti sensasi mint atau dingin? Sebagian orang mungkin pernah mengalaminya. Seperti juga dialami oleh salah seorang pembaca VIVA yang menanyakan keluhannya ini lewat rubrik #TanyaDokter.

8 Tips Menghilangkan Cegukan, No 8 Paling Unik

Dia mengeluhkan, "Tenggorokan saya terasa ada sensasi dingin seperti mint, tandanya apa ya dok? Apa benar karena asam lambung?"

Baca Juga: #TanyaDokter: Tes Pranikah yang Wajib Dilakukan Sebelum Naik Pelaminan

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa

Mengenai hal ini dr. Hastomo Prabowo, dokter umum RS Pondok Indah – Pondok Indah mengungkapkan bahwa ada beberapa hal kemungkinan mengapa sensasi mint bisa terasa di tenggorokan. 

"Biasanya refluks asam lambung. Yang paling sering juga adalah infeksi ruang tenggorok di ruang belakang tenggorok. Bisa juga karena kurang minum," katanya. 

Puasa Ramadhan Bisa Batal Hanya Karena Obat Tetes Mata? Buya Yahya Bilang Begini

Namun, meski begitu, sensasi dingin di tenggorokan adalah hal yang umum terjadi dan belum tentu merujuk pada suatu gejala penyakit tertentu. Untuk itu, perlu dilakukan pemeriksaan lebih jauh untuk mengetahui apa yang sedang terjadi dengan adanya sensasi dingin atau mint tersebut. 

Berikut video penjelasan dr Hastomo lebih lengkapnya mengenai penyebab sensasi mint di tenggorokan. 

Buat kamu yang tertarik juga untuk tanya-tanya seputar kesehatan, bisa juga lho, ikutan. Tinggal buka Instagram VIVA.co.id, lalu kamu tinggal menuliskan pertanyaan pada kolom komentar di feed yang menampilkan sesi tanya jawab #TanyaDokter. 

Di tiap sesinya, akan ada dokter yang membantu kamu menjawab soal keluhan-keluhan kesehatan kamu. Yuk sampaikan keluhan kamu, biar dokter yang menjawab!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya