3 Bahan Rumahan Ampuh Turunkan Berat Badan Hingga Tingkatkan Imun

Secangkir teh hijau.
Sumber :
  • Ist/picdaily

VIVA – Diet menjadi salah satu cara yang dilakukan seseorang untuk menurunkan berat badan. Untuk melakukan diet, tentu kita akan mengatur pola makan yang sehat dan disertai dengan pola hidup yang sehat.

Dear Penderita Maag, 5 Tips Ini Bermanfaat Untukmu

Namun pernahkah kamu merasakan berat badan tidak kunjung turun meski telah menjalani diet? Mungkin Anda dapat mencoba mengonsumsi bahan-bahan minuman rumahan berikut ini. Selain dapat membakar lemak, dua bahan minunan rumahan ini juga dapat meningkatkan imun sistem. Apa saja? Berikut ini ulasannya seperti dilansir dari laman Times of India.

Teh hijau

Menu Sahur Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Salah satu minuman paling sehat di dunia ini memiliki beragam manfaat kesehatan bagi tubuh. Teh hijau tidak hanya kaya akan antioksidan, tetapi juga kaya akan polifenol yang merupakan senyawa alami yang mencegah kerusakan sel dan membantu memerangi berbagai penyakit.

Baca juga: Diet Rendah Lemak vs Karbo, Mana yang Ampuh Turunkan Berat Badan?

Mau Diet Defisit Kalori saat Lagi Puasa? Begini Caranya

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi teh hijau secara teratur dapat membantu meningkatkan laju metabolisme, sehingga dapat meningkatkan proses pembakaran lemak. Secangkir teh hangat dari chai ini juga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, melindungi otak dari penuaan dan menurunkan kolesterol total dan LDL (jahat).

Kayu manis, kunyit, dan teh hijau

Kedua rempah-rempah yang kuat ini tidak hanya digunakan untuk penyembuhan tetapi juga dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan dengan mengaktifkan thermogenesis dalam tubuh.  

Karenanya, jika kamu selama ini mencari cara alami untuk membantu menurunkan berat badan, kamu cukup memasukkan kunyit dan kayu manis ke dalam secangkir teh hijau untuk mengemas minuman bernutrisi.

Lalu bagaimana cara membuat teh hijau kunyit-kayu manis untuk menurunkan berat badan? Berikut ini bahan-bahan yang perlu disiapkan:

- 1 kantong teh teh hijau 
- 1 batang kayu manis kecil
-  ½ sendok teh bubuk kunyit atau kunyit parut
-  Segelas air
-  Madu atau jaggery sesuai selera

Cara membuat:
-  Rebus segelas air dalam panci dan tambahkan batang kayu manis dan bubuk kunyit (atau kunyit mentah) ke dalamnya

- Masak hingga mendidih menjadi setengah dari kuantitasnya.  

- Aduk rata dan matikan api setelah menambahkan daun teh hijau.  

- Biarkan teh selama lima menit, lalu saring dalam cangkir teh.  

- Kamu juga bisa menambahkan sesendok madu atau sepotong gula merah secukupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya