Bukan Flu atau Batuk, Ini Gejala COVID-19 Paling Khas

Bukan Flu atau Batuk, Ini Gejala COVID-19 Paling Khas

Rabu, 16 September 2020 | 10:18 WIB
Para ahli percaya bahwa diagnosis bermuara pada satu gejala.
Ilustrasi influenza/flu/bersin/pilek.
Photo :
  • Freepik/freepik

Ilustrasi influenza/flu/bersin/pilek.

VIVA – Gejala infeksi virus corona atau COVID-19 dengan flu biasa, memang sangat mirip karena disebabkan oleh jenis virus yang serupa. Namun, virus corona tentu jauh lebih berbahaya bagi tubuh manusia dibanding flu biasa.

Deteksi dini adalah salah satu cara untuk mempercepat pemulihan dan mencegah komplikasi. Untuk itu, mengetahui perbedaan gejala antara keduanya tentu sangat penting, karena dapat menjadi kunci untuk mencegah atau mengobati COVID-19 sejak dini dan melindungi kamu dari risiko infeksi parah.

Dilansir Times of India, Rabu 16 September 2020, para ahli percaya bahwa diagnosis bermuara pada satu gejala sederhana, yaitu indera penciuman kamu. Seperti gejala virus corona lainnya, hilangnya penciuman dan rasa, baik ringan atau parah, tidak boleh dianggap enteng.

Baca juga: Ilmuwan Temukan Antibodi Penetral untuk Obati dan Cegah COVID-19

Anosmia atau hilangnya rasa dan penciuman secara tiba-tiba adalah gejala COVID-19 yang khas, yang jarang terlihat pada infeksi virus lainnya. Viral load di saluran pernapasan bagian atas ini dapat memicu hilangnya indera perasa pada pasien dan merupakan salah satu dari enam cara COVID-19 memengaruhi kamu. 

Berita Terkait :
Saksikan Juga