Bikin Gemuk, Kalori Buah Ini Setara Kebutuhan Diet Sehari

Mangga di shake
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Buah-buahan kerap dianggap sebagai jenis makanan sehat lantaran mengandung serat yang tinggi. Alih-alih bermanfaat bagi tubuh, beberapa jenis buah mengandung tinggi gula dan kalori yang memicu berat badan meningkat.

Dear Penderita Maag, 5 Tips Ini Bermanfaat Untukmu

Dikatakan dokter spesialis gizi klinis, dr Feni Nugraha, M.Gizi, SpGK, dalam acara Hidup Sehat di TvOne, buah memang baik untuk masuk menjadi menu makan rutin saat diet. Tetapi, beberapa jenis buah sebaiknya dibatasi atau bahkan dihindari.

"Buah tertentu tinggi gula yang artinya kandungan karbohidratnya tinggi. Buah-buahan seperti nangka, mangga, dan durian tinggi gula dan kalori. Dalam 600gr durian kecil setara 885 kalori alias 3/4 kalori yang dibutuhkan untuk sehari diet," kata Feni beberapa waktu lalu.

Menu Sahur Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Baca juga: Kenali 5 Tipe Pasangan Selama Masa Pandemi, Anda yang Mana?

Bagi yang diet, disarankan tidak mengonsumsi makanan tersebut untuk sementara waktu. Berbeda dengan buah mangga yang memiliki kalori lebih rendah yakni 135 kal namun kandungan gulanya sangat besar.

Mau Diet Defisit Kalori saat Lagi Puasa? Begini Caranya

"Mangga yang kecil tetapi dalamnya kandungan gula tinggi sekali 28 gram yaitu setara 2,5 sdm gula," tutur dia.

Maka dari itu, mengonsumsi mangga sebaiknya pilih yang tidak terlalu matang karena semakin manis rasanya berarti kandungan gula sangat tinggi. Selain itu, mengonsumsi mangga disarankan maksimal hanya setengah potong buah dalam sehari.

"Untuk diet, prinsipnya harus defisit atau masukan lebih sedikit dari yang dikeluarkan (bakar kalori dari olahraga). Imbangi dengan porsi nasi yaitu 8 sdm atau 175 kalori dan ayam 1 potong tanpa kulit atau 200 kalori serta sayuran," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya