#TanyaDokter: Dok, Apa Penyebab Pipis Berdarah?

RSPI - dr. Hastomo Prabowo
Sumber :
  • Dokumentasi RSPI

VIVA – Saat berkemih, tentu Anda kaget ketika melihat urine berdarah berwarna merah. Lewat rubrik #TanyaDokter, pembaca VIVA mengeluhkan hal ini. 

Diabetes Picu Gangguan Hingga Gagal Ginjal, Ini Alasannya

Tanya: "Dok, apakah penyebab pipis berdarah? Apa ada hubungannya dengan ginjal karena kurang minum? Apakah ini ada faktor genetik?"

Baca Juga: #TanyaDokter: Keluar Cairan dari Kuping Saat Flu Normalkah?

Deretan Alasan Kenapa Urine Bau, No 6 Ngeri

Jawab: 

dr. Hastomo Prabowo, dokter umum RS Pondok Indah – Pondok Indah menjawab bahwa pipis berwarna merah atau berdarah diakuinya bisa jadi tanda adanya suatu penyakit pada seseorang.  

Waspada, Buang Air Kecil Seperti Ini Tanda Gagal Ginjal

"Buang air kecil berdarah bisa jadi tanda suatu penyakit. Biasanya ditandai juga dengan gejala lain. Penyebab yang paling sering adalah penyakit saluran kencing, infeksi di ginjal, karena konsumsi obat-obatan dan lain-lain." 

Namun diakui pula, kondisi ini juga bisa terjadi karena faktor genetik. Bahkan pada pria, bisa juga menjadi tanda bahwa terjadi pembesaran prostat. 

Simak penjelasan dr Hastomo lebih lanjut lewat video ini.

Buat kamu yang punya keluhan kesehatan tapi takut pergi ke rumah sakit, kamu bisa ikutan menanyakan tentang keluhan kesehatan kamu di #TanyaDokter. Caranya gampang, tinggal buka Instagram VIVA.co.id. Sampaikan keluhanmu, biar dokter yang menjawab!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya