Tips Kontrol Kehamilan di Tengah Pandemi COVID-19

Ilustrasi kehamilan.
Sumber :
  • Pixabay/ ekseaborn0

VIVA – Moms, jangan khawatir kalau ingin konsultasi kehamilan atau ingin program hamil ke rumah sakit di tengah pandemi COVID-19. Para ibu hamil cukup memilih rumah sakit khusus ibu dan anak, karena tidak bercampur dengan pasien umum yang lebih berisiko terinfeksi COVID-19.

Pandemi COVID-19 Sebabkan Penurunan Angka Harapan Hidup hingga 9 Bulan

Apalagi semua pasien yang berkunjung untuk rawat jalan dan rawat inap akan melalui prosedur skrining COVID-19.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Operasional Brawijaya Hospital Antasari dr. Nurhidayati Endah Puspita Sari, MARS, FISQua dalam rangka 14th Embrace the New You Brawijaya Hospital Antasari, Kamis 17 September 2020.

Outlook Humas Pemerintah 2024: Isu Kesehatan Paling Banyak Dibahas di Media

"Semua pasien dan pengunjung rawat jalan dan rawat inap akan melalui prosedur skrining COVID-19. Untuk rawat jalan tentunya kami melakukan skrining suhu dan riwayat kesehatan yang bersangkutan. Selain menjalankan berbagai protokol kesehatan untuk keamanan bersama," kata dr. Nurhidayati Endah Puspita Sari, MARS, FISQua.

Baca juga: Sheila Marcia Curhat Jalani Kehamilan di Masa Pandemi COVID-19

Fadil Jaidi Beberkan Perjuangan Melunasi Utang Keluarga, Tak Tega Lihat Ibunya Menangis

Sedangkan untuk rawat inap dan tindakan, pasien mendapat skrining tambahan berupa pemeriksaan laboratorium dan atau rontgen untuk mengetahui ada tidaknya infeksi COVID-19.

"Pemeriksaan yang kami lakukan tentunya sesuai dengan prosedur yang berlaku di institusi kesehatan lainnya. Hal ini kami lakukan untuk keamanan dan keselamatan pasien serta petugas kesehatan yang menangani. Selain itu sebagai upaya untuk memberikan pelayanan terbaik untuk pasien kami," ungkap dia melanjutkan.

Era pandemi tentunya membuat para Moms khawatir bila harus keluar rumah. Maka dari itu, layanan konsultasi online dapat dilakukan secara daring.

Konsultasi dengan para dokter spesialis secara daring dapat dilakukan dari rumah.

"Namun ada kondisi dimana Moms memang harus melakukan konsultasi ke rumah sakit. Bila akan melakukan konsultasi ke rumah sakit, hendaknya senantiasa mengikuti protokol kesehatan yang berlaku seperti menggunakan masker, menjaga jarak, serta sering mencuci tangan," ujar dr. Nurhidayati lagi.

Itulah mengapa para Moms harus tepat memilih rumah sakit ibu dan anak. Hal ini dikarenakan menjauhkan kekhawatiran penularan COVID-19.

"Hingga saat ini, Alhamdulillah, Brawijaya Hospital Antasari masih menjadi salah satu rujukan ibu hamil di wilayah Jakarta Selatan. Promo yang diberikan meliputi diskon konsultasi ke seluruh dokter spesialis di tanggal 17 September 2020 sebesar 14 %. Ada hadiah spesial untuk moms yang melahirkan di tanggal 17 September 2020," tutur dr. Nurhidayati menjelaskan.

Jika para ibu hamil menjadi anggota Brawijaya Mom's Club (BMC), calon ibu mendapatkan upgrade kamar rawat inap, benefit paket melahirkan, travel bag senilai Rp500 ribu, edukasi kesehatan dan diskon 15 persen biaya konsultasi kandungan rutin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya